Pengaruh latar belakang pendidikan orang tua terhadap motivasi belajar pendidikan agama islam dan budi pekerti siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gabus Grobogan

Afifah, Nur (2023) Pengaruh latar belakang pendidikan orang tua terhadap motivasi belajar pendidikan agama islam dan budi pekerti siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gabus Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1803016155_NUR_AFIFAH] Text (SKRIPSI_1803016155_NUR_AFIFAH)
1803016155_Nur Afifah_Full_Skripsi - Nur Afifah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Motivasi belajar merupakan suatu perubahan tenaga di dalam diri seseorang yang ditandai dengan timbulnya perasaan dan reaksi untuk mencapai tujuan, di mana hal ini tidak lepas dari pengaruh latar belakang pendidikan yang di miliki orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh latar belakang pendidikan orang tua terhadap motivasi belajar pendidikan agama islam pada kelas VIII SMP Negeri 1 Gabus Grobogan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gabus Grobogan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitain ini adalah simple random sampling. Alat ukur penelitian ini terdiri dari angket motivasi belajar dan angket latar belakang pendidikan orang tua. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa latar belakang pendidikan orang tua berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dengan kontribusi sebesar 14,8%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: latar belakang pendidikan orang tua; motivasi belajar; dan pendidikan agama islam dan budi pekerti.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 16 Oct 2023 07:26
Last Modified: 16 Oct 2023 07:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21628

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics