Nilai-nilai pendidikan karakter toleransi dalam buku Kiai Ujang di Negeri Kanguru

Mujib, Akhmad Abdul (2023) Nilai-nilai pendidikan karakter toleransi dalam buku Kiai Ujang di Negeri Kanguru. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1803016159_AKHMAD_ABDUL_MUJIB] Text (SKRIPSI_1803016159_AKHMAD_ABDUL_MUJIB)
1803016159_Akhmad Abdul Mujib_Full Skripsi - Akhmad Abdul.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Nilai-nilai pendidikan karakter toleransi merupakan segala hal yang mengandung unsur positif yang berguna bagi manusia yang ada pada pendidikan yang meliputi tasamuh sebagai subbab dari pendidikan akhlak. Buku Kiai Ujang di Negeri Kanguru adalah karya yang berisi kisah-kisah Dr. Nadirsyah Hosen selama di Australia. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter toleransi yang tersirat dan agar nilai-nilai tersebut dapat dijadikan sebagai prinsip dalam berislam.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dari primer yaitu buku Kiai Ujang di Negeri Kanguru dan data sekunder berupa buku yang relevan, jurnal, artikel, serta hasil penelitian sebelumnya. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis isi (content analysis).
Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa dalam buku Kiai Ujang di Negeri Kanguru mengandung nilai-nilai pendidikan karakter toleransi, yaitu pertama, nilai penerimaan dan pengakuan terhadap pluralitas yaitu sikap yang wajar dan logis apabila setiap pemeluk agama mempercayai dan meyakini kebanaran agama yang dianut dan tidak membuat pemeluk tiap agama bersikap ekslusif terhadap kebenaran dan keyakinan yang dipeluknya. Kedua, nilai penghargaan yaitu menghargai dan memberikan rasa aman kepada orang lain. Sikap saling memahami adalah kesadaran bahwa nilai-nilai mereka dan kita adalah berbeda dan mungkin saling melengkapi serta memberi kontribusi terhadap relasi yang dinamis dan hidup. Ketiga, nilai pendidikan interaksi toleransi yaitu sejauh mana sebuah kelompok mengekspresikan keyakinan ajarannya dalam kehidupan bermasyarakat sedemikian rupa, sehingga tak menggangu hak kelompok lainnya yang berbeda keyakinan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai; Pendidikan Karakter Toleransi; Kiai Ujang di Negeri Kanguru.
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 205 Religious Ethics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 16 Oct 2023 07:47
Last Modified: 16 Oct 2023 07:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21629

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics