Pengaruh label halal, harga, dan citra merek terhadap keputusan pembelian : studi kasus terhadap pembelian ice cream Mixue di Kota Semarang

Sa’adah, Ullayya (2023) Pengaruh label halal, harga, dan citra merek terhadap keputusan pembelian : studi kasus terhadap pembelian ice cream Mixue di Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1905026048_Ullayya Sa’adah] Text (Skripsi_1905026048_Ullayya Sa’adah)
1905026048_ULLAYYA SA_ADAH_LENGKAP TUGAS AKHIR - Ullayya Sa_adah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Tingkat konsumsi es krim di Indonesia tergolong masih sangat rendah, hal ini membuat pasar es krim di Indonesia mempunyai potensi yang menjanjikan serta mampu dijadikan peluang untuk para produsen es krim yang ada. Salah satu perusahaan es krim di Indonesia yang saat ini sedang ramai adalah Mixue Ice Cream & Tea. Kota Semarang merupakan kota yang memiliki gerai Ice Cream Mixue terbanyak di Provinsi Jawa Tengah. Sebagai konsumen, dengan begitu maraknya usaha penjualan es krim tentu saja akan membingungkan konsumen untuk melakukan pemilihan suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh label halal, harga dan citra merek terhadap keputusan pembelian ice cream mixue di Kota Semarang.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan datanya. Responden yang menjadi sampel pada penelitian ini adalah konsumen ice cream mixue di Kota Semarang yang berjumlah 96 orang. Analisis data menggunakan uji validitas, realiabilitas, asumsi klasik, analisis linear berganda, koefisien determinasi, uji f dan uji t yang diolah melalui program IBM SPSS Statistik versi 23.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) variabel label halal berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dilihat dari nilai t-hitung sebesar 4,222 lebih besar dari t-tabel 1,986 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. 2) variabel harga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dilihat dari nilai t-hitung sebesar 2,455 lebih besar dari t-tabel 1,986 dan nilai signifikansi sebesar 0,016 lebih kecil dari 0,05. 3) variabel citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dilihat dari nilai t-hitung sebesar 5,336 lebih besar dari t-tabel 1,986 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Label halal; harga; citra merek; keputusan pembelian
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 17 Oct 2023 01:26
Last Modified: 17 Oct 2023 01:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21643

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics