Implementasi terkait dengan indekos ditinjau dalam perspektif ekonomi Islam : studi kasus pada pemilik indekos sekitar kampus Universitas Negeri Islam Walisongo Semarang

Rachmawati, Indah Ardia (2023) Implementasi terkait dengan indekos ditinjau dalam perspektif ekonomi Islam : studi kasus pada pemilik indekos sekitar kampus Universitas Negeri Islam Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1905026057_Indah_Ardia_Rachmawati] Text (Skripsi_1905026057_Indah_Ardia_Rachmawati)
1905026057_Indah Ardia Rachmawati_Full Skripsi - ardia indah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Indekos merupakan jenis tempat tinggal sederhana yang digunakan sementara dan merupakan sistem dimana biaya pembayaran dilakukan secara bulanan atau semester. Berdasarkan surat An – Nahl ayat 80, Allah SWT memerintahkan semua hamba-Nya untuk mendukung aktivitas mereka dengan memiliki tempat tinggal. Kegunaan indekos dalam aktivitas sehari-hari yang dilakukan manusia akan optimal jika berdasarkan ajaran Islam yang mengandung nilai ibadah. hukum Islam itu berbeda-beda begitu juga dengan transaksi. Salah satunya adalah menyewa sebuah indekos. Perjanjian sewa sendiri merupakan kesepakatan antara kedua belah pihak, apabila di kemudian hari dilanggar atau ditolak akan menjadi masalah yang perlu diselesaikan dengan memperhatikan beber apa aspek Implementasi penerapannya perlu memperhatikan perjanjian yang sudah disepakati bersama sebelumnya.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data lapangan diperoleh dengan melakukan observasi lapangan, dilanjutkan dengan wawancara, dokumentasi dan juga dengan mempelajari literatur dari tulisan-tulisan terkait sebelumnya. Data yang diperoleh kemudian diolah, dan relevan dengan teori sesuai dengan fenomena yang diteliti.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat dua faktor yang dapat mempengaruhi keputusan memilih indekos, yaitu faktor internal dan eksternal. Pelaksanaan praktik indekos ditinjau berdasarkan ekonomi Islam belum berbasis syariah salah satunya karena belum diterapakannya keterkaitan dasar hukum sewa-menyewa, rukun dan syarat sewa-menyewa terjadinya akad belum memenuhi manfaat objek bagi penyewa dan indekos berbasis syariah sebesar 52,5%. Penelitian ini menunjukan bahwa mayoritas indekos memiliki kamar, kamar mandi, dapur, parkir motor, tetapi tidak ada mushola atau teras untuk menerima tamu .

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Indekos; sewa menyewa; pembelian
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 17 Oct 2023 04:34
Last Modified: 17 Oct 2023 04:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21645

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics