Pemberdayaan masyarakat lokal melalui potensi Kampung Batik di Kelurahan Gunungpati Kecamatan Gunungpati Kota Semarang

Prasetyo, Eko (2023) Pemberdayaan masyarakat lokal melalui potensi Kampung Batik di Kelurahan Gunungpati Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601046010_EKO_PRASETYO] Text (SKRIPSI_1601046010_EKO_PRASETYO)
1601046010_EKO PRASETYO_Full Skripsi - wayang lantur.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Eko Prasetyo, dengan NIM 1601046010, telah menulis sebuah skripsi berjudul “Pemberdayaan Masyarakat Lokal Melalui Potensi Kampung Batik Di Kelurahan Gunungpati Kecamatan Gunungpati Kota Semarang”.
Mendorong partisipasi dan keterlibatan aktif masyarakat merupakan suatu upaya dalam proses pembangunan yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada individu-individu untuk mengambil langkah awal dalam memperbaiki kondisi hidup mereka sendiri. Tujuan dari pemberdayaan ini adalah meningkatkan kemampuan dan kekuatan masyarakat sehingga mereka mampu melakukan pembangunan secara independen. Untuk mencapai hal ini, partisipasi serta peran aktif masyarakat dalam proses tersebut sangatlah penting. Kampung Batik adalah inisiatif dari pemerintah kota Semarang yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat dengan memanfaatkan sumber daya lokal. Selain pemberdayaan, tujuan dari kampung ini juga melibatkan pelestarian budaya dan kearifan lokal.
Fokus dari penelitian ini adalah Bagaimana proiseis peimbeirdayaan masyarakat loikal meilalui Kampung Batik di Keilurahan Gunungpati Keicamatan Gunungpati Koita Seimarang serta membahas hasil peimbeirdayaan masyarakat loikal meilalui Kampung Batik di Keilurahan Gunungpati Keicamatan Gunungpati Koita Seimarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil peimbeirdayaan masyarakat loikal meilalui Kampung Batik di Keilurahan Gunungpati Keicamatan Gunungpati Koita Seimarang.
Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh pemahaman tentang proses pemberdayaan masyarakat melalui Kampung Batik serta hasil yang dicapai dari upaya tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif yang melibatkan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan dari penelitian ini mengindikasikan dua hal utama. Pertama, pemberdayaan masyarakat melalui Kampung Batik di Kelurahan Gunungpati, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang terdiri dari tiga tahapan yang meliputi: tahap kesadaran, tahap transformasi, dan tahap peningkatan kapasitas intelektual. Metode yang digunakan dalam pemberdayaan ini adalah PRA (Participatory Rural and Action). Kedua, hasil dari upaya pemberdayaan ini meliputi peningkatan ekonomi masyarakat, peningkatan semangat kebersamaan, pelestarian budaya, dan penciptaan lingkungan yang bersih.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat; Batik; Kearifan Lokal
Subjects: 300 Social sciences > 306 Culture and institutions
300 Social sciences > 307 Communities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 15 Nov 2023 09:27
Last Modified: 15 Nov 2023 09:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21649

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics