Linieritas bidang pekerjaan alumni dengan profil lulusan Program Studi Manajemen Haji dan Umrah UIN Walisongo Semarang

Fakhrizi, M. Fatikh (2023) Linieritas bidang pekerjaan alumni dengan profil lulusan Program Studi Manajemen Haji dan Umrah UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1801056034_M. Fatikh Fakhrizi_Lengkap] Text (Skripsi_1801056034_M. Fatikh Fakhrizi_Lengkap)
Skripsi_1801056034_M. Fatikh Fakhrizi_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

M. Fatikh Fakhrizi. NIM 1801056034. Linieritas Bidang Pekerjaan Alumni Dengan Profil Lulusan Program Studi Manajemen Haji Dan Umrah UIN Walisongo Semarang.
Persaingan di dunia kerja yang semakin ketat dirasakan oleh hampir setiap angkatan kerja maka dari itu setiap angkatan kerja atau siapapun yang hendak bekerja dituntut memiliki kompetensi yang mumpuni. Terlebih lulusan perguruan tinggi yang dicap sebagai agen perubahan dan tentunya diharapkan kontribusi positifnnya di lingkungan masyarakat. Sebagai lulusan perguruan tinggi tentunya harus dapat mengimplementasikan hasil belajarnya dan ini dapat ditinjau melalui aktivitas pekerjaan yang dilakoni setelah menyandang status alumni. Alumni yang merupakan produk kampus membawa nama baik kampus tempatnya menimba ilmu, keterserapannya di dunia kerja menjadi faktor positif bagi nama baik kampus itu sendiri. Namun tidak dipungkiri industri global yang semakin maju dengan perkembangan sains dan teknologi membuat segala aspek pekerjaan berubah menjadi lebih efisien dan dampaknya angkatan kerja yang tidak memiliki kompetensi yang relevan dengan yang dibutuhkan pasar kerja akan kalah dan sulit terserap di dunia kerja. Penelitian ini mengkaji mengenai linieritas bidang pekerjaan yang ditekuni alumni dengan profil lulusan pada Program Studi Manajemen Haji dan Umrah (MHU). Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana linieritas bidang pekerjaan alumni MHU dengan kesesuaian pada profil lulusan yang dirumuskan oleh Prodi MHU itu sendiri. Penelitian ini menerapkan metode kualitatif deskriptif. Sampel penelitian adalah alumni atau lulusan Prodi Manajemen Haji dan Umrah (MHU) Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Walisongo Semarang tahun angkatan 2017, 2018 dan 2019 yang berjumlah 56 alumni. Teknik pengumpulan data menggunakan isian google form, wawancara dengan alumni, serta teknik pendukung lainnya yaitu observasi dan dokumentasi. Teknik dari Miles & Huberman yang menjadi acuan menganalisis data yakni meliputi tiga langkah yakni mereduksi informasi, menyajikan informasi yang selanjutnya menarik keputusan penelitian dan verifikasi.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan beberapa alumni telah menunjukan performa yang cukup bagus dengan memiliki pekerjaan yang sesuai dengan peluang kerja jurusan. Hal ini ditinjau dari lamanya masa yang diperlukan alumni untuk bekerja, serta linieritas yang ditinjau dari keselarasan vertikal dan horizontal. Berdasarkan hasil peninjauan tersebut 20,59% alumni telah bekerja pada bidang MHU itu sendiri. Meskipun terdapat beberapa kendala namun memperlihatkan progres kemajuan yang baik. Beberapa faktor lainnya yang menjadi bahan pertimbangan karir bagi sejumlah alumni antara lain berdasarkan nilai intrinsik, lingkungan kerja, penghargaan finansial. kompetensi diri, dan besar kecilnya pasar kerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Linieritas; Profil lulusan; Haji dan Umrah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education > 378.1 Organisasi dan aktivitas perguruan tinggi (dosen, staf, mahasiswa, kurikulum)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 76201 - Manajemen Haji dan Umrah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 17 Oct 2023 02:19
Last Modified: 17 Oct 2023 02:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21650

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics