Analisis program BAZNAS Microfinance dalam pengembangan usaha mikro mustahik : studi kasus BAZNAS Microfinance Desa Bedono Demak

Nafaroh, Bahrotun (2023) Analisis program BAZNAS Microfinance dalam pengembangan usaha mikro mustahik : studi kasus BAZNAS Microfinance Desa Bedono Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1905026064_Bahrotun_Nafaroh] Text (Skripsi_1905026064_Bahrotun_Nafaroh)
1905026064_BAHROTUN NAFAROH_FULL SKRIPSI - Bahrotun Nafaroh.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

BAZNAS Microfinance Desa (BMD) merupakan program BAZNAS yang bertujuan untuk mengurangi ketergantungan masyarakat desa terhadap pinjaman kepada rentenir dan upaya BAZNAS untuk mengembangkan usaha mikro masyarakat desa. BAZNAS Microfinance Desa (BMD) memberikan kemudahan akses permodalan kepada pelaku usaha mikro serta memberikan fasilitas pendampingan dan pelatihan sebagai upaya BAZNAS dalam mengembangkan usaha masyarakat desa. Sebanyak 525 pelaku usaha telah mendapatkan pinjaman modal dari program BAZNAS Microfinance Desa (BMD) di Desa Bedono. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui program dari BAZNAS Microfinance dan strategi yang digunakan dalam mengembangkan usaha mikro mustahik pada BAZNAS Microfinance Desa (BMD) Bedono.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang bertujuan untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang masalah-masalah yang ingin diteliti. Sumber data diperoleh melalui data primer yang diperoleh dengan melakukan wawancara langsung kepada pihak BAZNAS Microfinance pusat, BAZNAS Microfinance Desa (BMD), mustahik dan data sekunder diperoleh dari data internal lembaga dan studi pustaka. Dalam melakukan analisa, Penulis menggunakan kerangka SOAR.
Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan menunjukkan bahwa program BAZNAS Microfinance terbukti sudah cukup efektif dalam mengembangkan usaha mikro mustahik. Hasil analisis SOAR menunjukkan program BAZNAS Microfinance memiliki keunggulan dan peluang yang dapat dimanfaatkan untuk mencapai aspirasi dan hasil tertentu yang diinginkan. Adapun strategi yang dilakukan oleh BAZNAS Microfinance Desa (BMD) Bedono yaitu memberikan kemudahan akses permodalan kepada mustahik, mendistribusikan dana zakat melalui pembiayaan yang dilakukan secara berkelompok, menjalin kerjasama dengan stakeholder (kemitraan), memberikan pelatihan dalam rangka peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia dan pemanfaatan teknologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: BAZNAS Microfinance; Usaha mikro; Mustahik
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 17 Oct 2023 09:25
Last Modified: 18 Oct 2023 07:13
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21686

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics