Peran Bumdes Tirta Abadi dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui agrowisata belimbing di Desa Ngringinrejo Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro

Yasimaru, Wemby Singgang Barohaqi (2023) Peran Bumdes Tirta Abadi dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui agrowisata belimbing di Desa Ngringinrejo Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601046026_WEMBY_SINGGANG_BAROHAQI_YASIMARU] Text (SKRIPSI_1601046026_WEMBY_SINGGANG_BAROHAQI_YASIMARU)
1601046026_WEMBY SINGGANG BAROHAQI YASIMARU_Full Skripsi - Wemby Singgang.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Pembangunan perekonomian merupakan salah satu penopang suatu daerah untuk mencapai skala nasional, maka pemerintah harus dapat menggali, mengelola dan membina masyarakat untuk mencapai potensi di setiap daerah tersebut. BUMDes merupakan lembaga yang bergerak dalam bidang pengelolaan aset-aset dan sumber daya ekonomi desa dalam kerangka pemberdayaan masyarakat Desa. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Peran Badan Usaha MIlik Desa di dalam pemberdayaan masyarakat Desa Ngringinrejo Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan kualitatif sumber data yang diperoleh dari data primer dan data sekunder. Dengan Teknik pengumpulan data dengan menggunakan Teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik interaktif melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukan adanya BUMDes sangat membantu pemberdayaan masyarakat sehingga perekonomian masyarakat menjadi perekonomian yang lebih mandiri. Perannya lebih untuk pendampingan modal sampai ke pemasaran dan mengenmbangkan potensi usaha yang dimiliki masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran; Bumdes; Pemberdayaan Masyarakat; Agrowisata
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 16 Nov 2023 08:36
Last Modified: 16 Nov 2023 08:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21695

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics