Peran Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) dalam pemberdayaan perempuan di Kelurahan Cepoko Kecamatan Gunungpati Kota Semarang

Fathoni, Akhmad Mi’roj (2023) Peran Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) dalam pemberdayaan perempuan di Kelurahan Cepoko Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI_1601046057_AKHMAD_MI’ROJ_FATHONI] Text (SKRIPSI_1601046057_AKHMAD_MI’ROJ_FATHONI)
1601046057_Akhmad Mi_roj Fathoni_Lengkap Tugas Akhir - Akhmad Mi_roj Fathoni.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Perempuan sebagai bagian dari upaya pembangunan nasional memiliki peranan yang sama pentingnya dengan laki-laki, hal ini karena perempuan memiliki beberapa potensi yang mendukung apabila dikelola dan dikembangkan dengan baik dan benar. Banyak daerah di Indonesia yang memandang perempuan memiliki ketergantungan terhadap laki-laki dalam hal pekerjaan, karir, ekonomi, dan sosial. Pandangan tersebut dapat berdampak buruk bagi pembangunan nasional, dikarenakan hanya segelintir penduduk yang mayoritas berjenis kelamin laki laki saja yang ikut menggerakkan roda perekonomian, maka program pembangunan nasional di daerah tersebut sulit untuk dapat diterapkan dan dirasakan hasilnya. Dengan demikian diperlukan suatu upaya pemberdayaan perempuan. Proses pemberdayaan perempuan ini dapat melalui beberapa lembaga salah satunya LPMK. Melalui LPMK pemberdayaan perempuan menyasar ke berbagai aspek dengan meningkatkan taraf pengetahuan, taraf ekonomi, dan taraf kesehatan perempuan. Sehingga adanya pemberdayaan perempuan melalui LPMK ini meningkatkan nilai dan peranan perempuan Kelurahan Cepoko, maka dari itu peneliti mengangkat rumusan masalah sebagai berikut (1) Bagaimana peran LPMK dalam pemberdayaan perempuan di Kelurahan Cepoko (2) Bagaimana hasil dari pelaksanaan peran LPMK dalam pemberdayaan perempuan di Kelurahan Cepoko.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan dalam penelitian ini menggunakan metode wawancasra, observasi dan dokumentasi, setelah itu dilakukan analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Peran LPMK dalam pemberdayaan perempuan terdiri dari dua peran yaitu sebagai fasilitator dan motivator yang dilaksanakan dalam tiga tahap meliputi pemihakan, penyiapan, dan perlindungan. (2) Hasil dari pelaksanaan peran LPMK dalam pemberdayaan perempuan meliputi empat aspek diantaranya aspek ekonomi yang meningkatkan taraf ekonomi perempuan dengan pelatihan kewirausahaan, aspek pendidikan yang meningkatkan edukasi perempuan dengan pendampingan Ibu hamil, aspek kesehatan yang meningkatkan taraf hidup sehat perempuan dengan sosialisasi kesehatan kewanitaan, dan aspek sosial yang meningkatkan jiwa solidaritas dan sportifitas melalui lomba voli perempuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: LPMK; Pemberdayaan perempuan; Pemberdayaan Masyarakat
Subjects: 300 Social sciences > 305 Social groups > 305.4 Women
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 18 Nov 2023 05:00
Last Modified: 18 Nov 2023 05:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21704

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics