Pengaruh penggunaan e-wallet dan Islamic economic literacy terhadap perilaku konsumsi mahasiswa prodi Ekonomi Islam Uin Walisongo Semarang angkatan 2020-2022

Nurkhasanah, Ulfa (2023) Pengaruh penggunaan e-wallet dan Islamic economic literacy terhadap perilaku konsumsi mahasiswa prodi Ekonomi Islam Uin Walisongo Semarang angkatan 2020-2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1905026070_Ulfa_Nurkhasanah] Text (Skripsi_1905026070_Ulfa_Nurkhasanah)
1905026070_Ulfa Nurkhasanah_Full Skripsi - Ulfa Nurkhasanah.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

E-wallet berkaitan dengan manfaat dan kemudahan yang membuat sesorang berperilaku konsumtif. Aspek Islamic economic literacy berkaitan dengan kecerdasan seseorang dalam mengelola keuangan pribadinya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan e-wallet dan Islamic economic literacy terhadap perilaku konsumsi mahasiswa. E-wallet berkaitan dengan manfaat dan kemudahan yang membuat seseorang melakukan perilaku konsumsi yang belebihan. Aspek Islamic economic literacy berkaitan dengan kecerdasan seseorang dalam bertindak dengan tepat dalam melaksanakan kegiatan ekonomi, salah satunya yaitu konsumsi.
Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Ekonomi Islam UIN Walisongo
Semarang dari angkatan 2020-2022. Dengan sampel penelitian yang berjumlah 202 responden, yang diambil dengan metode purposive sampling. Metode yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan pengolahan data menggunakan program SPSS. Variabel independennya itu variabel e-wallet dan Islamic economic literacy. Sedangkan variabel dependennya adalah perilaku konsumsi.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa e-wallet dan Islamic economic literacy berpengaruh positif terhadap perilaku konsumsi mahasiswa. Hasil nilai koefisien determinasi R square berpengaruh sebesar 97,1% yang artinya bahwa variabel e-wallet dan Islamic economic literacy mempengaruhi variabel perilaku konsumsi sebesar 97,1% dan sisanya 2,9% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: E-Wallet; Islamic economic literacy; mahasiswa; perilaku konsumsi.
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 18 Oct 2023 07:42
Last Modified: 18 Oct 2023 07:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21714

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics