Penanaman nilai-nilai toleransi antar umat beragama melalui pendidikan agama islam (studi kasus di SMK Bagimu Negeriku, Podorejo, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah)

Algani, Azi Bisma (2023) Penanaman nilai-nilai toleransi antar umat beragama melalui pendidikan agama islam (studi kasus di SMK Bagimu Negeriku, Podorejo, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1903016004_AZI_BISMA_ALGANI] Text (SKRIPSI_1903016004_AZI_BISMA_ALGANI)
1903016004_Azi Bisma Algani_FULL SKRIPSI - Azi Bisma Algani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai penanaman nilai-nilai toleransi antar umat beragama melalui Pendidikan Agama Islam di SMK Bagimu Negeriku.
Penelitian ini mengambil fokus permasalahan tentang bagaimana penanaman nilai-nilai toleransi antar umat beragama, cara guru PAI menanamkannya dan hasil dari penanaman nilai-nilai toleransi di SMK Bagimu Negeriku.
Metode yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Penelitian ini berusaha menggambarkan situasi atau kejadian. Data yang dikumpulkan semata-mata bersikap deskriptif sehingga tidak bermaksud mencarai penjelasan, menguji hipotesis, membuat prediksi, maupun mempelajari implikasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai toleransi antar umat beragama di SMK Bagimu Negeriku yaitu menghargai perbedaan dengan cara memperlakukan orang lain dengan baik dan penuh pengertian, menentang permusuhan, menghina agama lain, kerasisan, serta menghargai orang lain berdasarkan karakternya dan menghormati sesama manusia dengan membiarkan mereka mengetahui bahwa mereka aman, bahagia dan mereka penting karena posisi dan peran mereka sebagai manusia, berpartisipasi menjaga kerukunan dengan bertoleransi dan belajar berempati dengan cara mengetahui batas-batas perbedaan dan mencari titik pertemuan, di mana titik tersebut diwujudkan kebutuhan bersama, sehingga hubungan dapat terus dibina, dikembangkan dan kemudian menjadi satu bagian dari budaya bermasyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Nilai; Toleransi Antar Umat Bergama; dan Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 18 Oct 2023 08:50
Last Modified: 18 Oct 2023 08:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21719

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics