Qudrah al-talāmiż `alā ta`rīf al-fi`l al-muḍāri`ī fī al-naṣ al-‘Arabiyy fī al-ṣaff al-ṡāmin bi madrasah Sultān Hāḍirīn al-ṡānawiyah al-Islāmiyyah Jepara
Tyasmoro, Ririn Ning (2011) Qudrah al-talāmiż `alā ta`rīf al-fi`l al-muḍāri`ī fī al-naṣ al-‘Arabiyy fī al-ṣaff al-ṡāmin bi madrasah Sultān Hāḍirīn al-ṡānawiyah al-Islāmiyyah Jepara. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
63211013_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (769kB) | Preview
63211013_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (165kB) | Preview
63211013_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (459kB) | Preview
63211013_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (198kB) | Preview
63211013_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (203kB) | Preview
63211013_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (110kB) | Preview
63211013_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (202kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini bertujuan :
1. Mengetahui pelaksanaan pembelajaran bahasa arab tentang tarkib fiil mudhori’ dalam teks bahasa arab materi Al mihnah di MTs Sultan Hadlirin Jepara.
2. Mengetahui kemampuan siswa dalam mengidentifikasi fiil mudhori’ dalam teks bahasa arab di kelas VIII MTs Sultan Hadlirin Jepara.
Adapun objek dari pembahasan ini adalah kemampuan siswa dalam menganalisis fiil mudhori’ dalam teks bahasa arab di kelas VIII MTs Sultan Hadlirin Jepara dengan jumlah siswa 66 siswa.
Penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan metode Tes, adapun dalam mengolah data yaitu dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif, yakni data yang terkumpul dari lapangan kemudian dianalisis tanpa menggunakan angka dengan menggunakan pendekatan induktif yang mengacu pada relitas dan kemampuan siswa.
Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pembelajaran tarkib fiil mudhori’ dalam materi “al mihnah” tersebut, guru bahasa arab menggunakan metode qiroah agar siswa dapat lebih memahami bacaan dengan baik dan benar. Sedangkan dalam pelaksanaannya guru menggunakan media gambar, papan tulis dan kapur tulis.
Hasil dari tes yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas VIII di MTs Sultan Hadlirin dalam. mengidentifikasi fiil mudhori’ dalam teks bahasa arab cukup baik. Dengan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 40 dan nilai rata – ratanya adalah 63,68. Namun, adapula siswa yang belum menguasainya dikarenakan berbagai faktor diantaranya : di sekolah tersebut tidak diajarkan tentang ilmu nahwu dan shorof sebagai ilmu penunjang dalam mempelajari bahasa arab, sehingga siswa kurang memahami tarkib bahasa arab khususnya tarkib fiil mudhori’. Dan juga kurangnya jam pelajaran yang dibutuhkan dalam mengajarkan tarkib dan qowaid.
Berdasarkan hasil dari penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan masukan bagi guru-guru bahasa arab sehingga dalam pembelajaran bahasa arab senantiasa memperhatikan juga tentang tarkib dan qowaid karena pembelajaran tarkib tersebut akan menjadikan kemampuan siswa dalam mempelajari bahasa arab lebih sempurna.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tata Bahasa Arab; Kata Kerja; Fi'il Mudhari' |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Arabic |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 88204 - Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 09 Jun 2014 05:30 |
Last Modified: | 09 Jun 2014 05:30 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2172 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year