Pengaruh price discount, cashback, dan kemudahan penggunaan layanan Shopeepay terhadap minat beli konsumen pada Marketplace Shopee : studi kasus pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam angkatan 2019-2021

Mustady, Ichsanuddin (2023) Pengaruh price discount, cashback, dan kemudahan penggunaan layanan Shopeepay terhadap minat beli konsumen pada Marketplace Shopee : studi kasus pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam angkatan 2019-2021. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1905026081_Ichsanuddin_Mustady] Text (Skripsi_1905026081_Ichsanuddin_Mustady)
1905026081_Ichsanuddin Mustady_Skripsi Full - Ichsanuddin Mustady.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Uang elektronik merupakan terobosan baru dalam metode pembayaran elektronik yang banyak di kenal di kalangan masyarakat. Di Indonesia mengenal dua jenis bentuk uang elektronik yaitu berupa kartu yang berbasis chip dan dompet digital atau yang biasa disebut e-wallet. Salah satu dompet digital yang paling populer di Indonesia adalah ShopeePay. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui price discount, cashback, dan kemudahan penggunaan terhadap minat beli konsumen di marketplace Shopee dengan menggunakan metode pembayaran ShopeePay.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan mengumpulkan data melalui kuesioner dengan jumlah sampel 94 responden yang merupakan mahasiswa FEBI UIN Walisongo Semarang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara sampling insidental. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrumen penelitian (uji validitas dan uji reliabilitas), uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikoliniearitas, uji heteroskedastisitas), analisis regresi berganda, dan uji hipotesis (uji t, uji f, dan uji koefisisen determinasi. Dengan menggunakan SPSS 23.0
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa price discount (X1) berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli, serta cashback (X2) berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli dan kemudahan penggunaan (X3) berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli. Kemudian price discount, cashback, dan kemudahan penggunaan secara bersama-sama mempengaruhi minat beli dengan hasil uji statistik didapatkan f hitung 40,973 dan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari pada 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Price discount; ashback; Shopeepay
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 18 Oct 2023 10:16
Last Modified: 18 Oct 2023 10:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21722

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics