Studi komparasi motivasi belajar pada pembelajaran PAI antara metode snowball throwing berbantukan audio visual dan metode konvensional (ceramah) pada siswa kelas V SDN Ngaliyan 01 Semarang

Arifiati, Tsania (2023) Studi komparasi motivasi belajar pada pembelajaran PAI antara metode snowball throwing berbantukan audio visual dan metode konvensional (ceramah) pada siswa kelas V SDN Ngaliyan 01 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1903016022_TSANIA_ARIFIATI] Text (SKRIPSI_1903016022_TSANIA_ARIFIATI)
1903016022_TsaniaArifiati_Full_Skripsi - Tsania Arifiati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Motivasi belajar sebagai salah satu penentu keberhasilan kegiatan pembelajaran karena saat ini kebanyakan siswa kurang fokus dan minat dalam proses belajar, sehingga pencapaian tujuan pembelajaran kurang maksimal. Motivasi belajar tinggi mendorong peserta didik semangat dan antusias dalam pembelajaran, dan sebaliknya. Tinggi rendahnya motivasi belajar dapat menghambat perkembangan dalam proses pembelajaran dan menjadi ancaman bagi kemajuan belajar sehingga harus segera ditangani dengan baik.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar PAI siswa yang diterapkan metode Snowball Throwing berbantukan audio visual dengan siswa yang diterapkan metode konvensional. Penggunaan metode Snowball Throwing berbantukan audio visual sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Hipotesis yang diuji adalah ada perbedaan motivasi belajar PAI peserta didik yang diterapkan metode snowball throwing berbantukan audio visual dengan peserta didik yang diterapkan metode konvensional.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Ngaliyan 01 Semarang. Dalam penelitian ini melibatkan 50 peserta didik (25 kelas eksperimen dan 25 kelas kontrol) yang ditunjuk peneliti dari populasi sebanyak 100 peserta didik. Data dikumpulkan melalui observasi langsung dengan menyebarkan angket tertutup kemudian dianalisis dengan teknik uji Mann-Whitney menggunakan program SPSS versi 23.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan motivasi belajar PAI peserta didik yang diterapkan metode snowball throwing berbantukan audio visual dengan yang diterapkan metode konvensional ditunjukkan dari hasil taraf signifikansi 0,003 < 0,05. Diperoleh nilai sig 0,003 < 0,05 (p=5%), yang artinya hipotesis 1 diterima maka terdapat perbedaan yang signifikan untuk kedua kelompok setelah dilakukan dua perlakukan yang berbeda.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar; snowball throwing berbantukan audio visual; kelas eksperimen; kelas kontrol.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 20 Oct 2023 04:39
Last Modified: 20 Oct 2023 04:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21743

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics