Metode pembelajaran baca tulis Al-qur’an pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Demak

Bachtiar, Adam Fatoro (2023) Metode pembelajaran baca tulis Al-qur’an pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1903016029_ADAM_FATORO_BACHTIAR] Text (SKRIPSI_1903016029_ADAM_FATORO_BACHTIAR)
1903016029_Adam Fatoro Bachtiar_Full Skripsi - Adam Fatoro Bachtiar.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

penting sekali adanya metode pembelajaran baca tulis Al-Qur’an, karena metode pembelajaran dapat menentukan tingkat keberhasilan proses belajar. Dengan penerapan metode pembelajaran yang tepat siswa akan lebih mudah mengikuti pembelajaran dan tujuan pembelajaran akan mudah tercapai. Seperti halnya yang terjadi pada pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di SMP Negeri 1 Demak.

Penelitian ini berfokus pada permasalahan bagaimana metode pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di SMP Negeri 1 Demak?. Adapun penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru BTQ, siswa kelas VII , dan Waka Kurikulum SMP Negeri 1 Demak. Sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah data-data di SMP Negeri 1 Demak yang berkaitan dengan metode pembelajaran baca tulis Al-Qur’an. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan conclusion drawing/verification.

Hasil dari penelitian ini adalah (1) metode yang digunakan guru dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an adalah kombinasi antara metode demonstrasi dan metode drill. Dalam penerapannya guru membacakan ayat Al-Qur’an kemudian siswa mengikuti bacaan guru. Selanjutnya siswa mengulangi bacaan tersebut secara terus-menerus. (2) metode yang digunakan guru dalam pembelajaran menulis Al-Qur’an adalah kombinasi antara metode demonstrasi dan metode drill. Dalam penerapannya guru menuliskan beberapa ayat Al-Qur’an dipapan tulis, kemudian siswa menulis ayat yang sama dibuku tulis masing-masing. Selanjutnya guru memerintahkan untuk mengulangi menulis ayat tersebut berulang-ulang secara mandiri, supaya siswa-siswi semakin lancar dan terampil dalam menulis Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; baca tulis Al-Qur’an.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 20 Oct 2023 06:19
Last Modified: 20 Oct 2023 06:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21746

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics