Pengaruh sikap, norma subjektif, dan kontrol perilaku terhadap minat beli produk makanan dan minuman impor berlabel halal : studi kasus mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam angkatan 2019 UIN Walisongo Semarang

Syarifah, Khilma Zulfa (2023) Pengaruh sikap, norma subjektif, dan kontrol perilaku terhadap minat beli produk makanan dan minuman impor berlabel halal : studi kasus mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam angkatan 2019 UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1905026087_Khilma_Zulfa_Syarifah] Text (Skripsi_1905026087_Khilma_Zulfa_Syarifah)
1905026087_Khilma Zulfa Syarifah_Full Skripsi - Khilma Zulfa Syarifah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Berkembangnya pangsa pasar di Indonesia khususnya pada sektor makanan menyebabkan produk makanan dan minuman impor beredar dan sangat mudah ditemui oleh masyarakat. Hal tersebut membuat kekhawatiran konsumen karena mayoritas penduduk di Indonesia beragama Islam. Penelitian ini didasarkan pada permasalahan mengenai kurangnya ketelitian pada label halal mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam angkatan 2019 UIN Walisongo Semarang Semarang terhadap produk makanan dan minuman impor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sikap, norma subjektif, dan kontrol perilaku terhadap minat beli produk makanan dan minuman impor berlabel halal mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam angkatan 2019 UIN Walisongo Semarang Semarang.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh angkatan 2019 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan metode pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan menggunakan purposive sampling atau pendekatan pengambilan sampel penelitian melalui pertimbangan kriteria yang telah ditentukan. Sampel yang diambil sebanyak 107 mahasiswa lalu penyebaran kuesioner secara online melalui google form. Pengujian dan pengolahan data dilakukan dengan menggunakan program SPSS versi 25.0.
Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel sikap tidak berpengaruh positif secara signifikan terhadap minat beli produk makanan dan minuman impor berlabel halal mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam angkatan 2019 UIN Walisongo Semarang. Sedangkan variabel norma subjektif dan kontrol perilaku berpengaruh positif secara signifikan terhadap minat beli produk makanan dan minuman impor berlabel halal mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam angkatan 2019 UIN Walisongo Semarang Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Sikap; norma subjektif; kontrol perilaku; minat beli.
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 20 Oct 2023 07:26
Last Modified: 20 Oct 2023 07:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21749

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics