Pemberdayaan masyarakat melalui kerajinan limbah tali di Desa Maitan Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati

Maulananingrum, Nur Ana (2023) Pemberdayaan masyarakat melalui kerajinan limbah tali di Desa Maitan Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI_1801046012_NUR_ANA_MAULANANINGRUM] Text (SKRIPSI_1801046012_NUR_ANA_MAULANANINGRUM)
1801046012_NUR ANA MAULANANINGRUM_FULL SKRIPSI - Ana Maulana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Nur Ana Maulananingrum (1801046012), Pemberdayaan Masyarakat melalui Kerajinan Anyam dari Limbah Tali di Desa Maitan Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati.

Pembangunan saat ini lebih tertuju pada pembangunan desa yang bertransformasi menjadi penyangga perekonomian nasional. Pembangunan desa merupakan bagian dari pembangunan nasional dan memiliki peranan penting dalam mencapai tujuan nasional. Pemberdayaan merupakan bentuk kemandirian masyarakat dalam menghadapi masalah mereka melalui kreatifitas dalam meningkatkan kualitas hidup, upaya peningkatan kualitas hidup sangat diperlukan masyarakat agar mereka memiliki pengetahuan, keterampilan, dan agar mereka memiliki bekal untuk menghadapi masalah yang mereka hadapi. Desa Maitan merupakan sebuah desa yang berada di wilayah Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati Provinsi Pati Jawa Tengah yang memiliki luas wilayah 210 Ha dan memiliki jarak 27 km dari Kota Kabupaten.

Penelitian ini memiliki rumusan masalah :1.Bagaimana proses pemberdayaan masyarakat melalui Kerajinan Limbah Tali di Desa Maitan Kecamatan Tambakromo Kabupaten pati, 2. Bagaimana Hasil Pemberdayaan Masyarakat melalui Kerajinan Limbah Tali di Desa Maitan Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati,dan tujuan dari penelitian ini yakni (a)Untuk mengetahui proses pemberdayaan masyarakat melalui kerajinan limbah tali di Desa Maitan Kecamatan Tambakromo Kabupaten pati. (b) untuk mengetahui hasil pemberdayaan masyarakat melalui kerajinan limbah tali di Desa Maitan Kecamatan Gabus Kabupaten Pati.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi dan peneliti terlibat langsung dalam penggalian data. Analisis data yang digunakan menggunakan teori dari Fossey yang meliputi reduksi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan.

hasil penilitian yang telah di lakukan di Desa Maitan Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati, di simpulkan bahwa : Proses pemberdayaan masyarakat melalui kerajinan anyam dari limbah tali di Desa Maitan Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati di lakukan dalam empat tahapan
: (a) tahap penyadaran,( b) tahap pelatihan, (c) tahap pengkapasitasan, dan (d) tahap evaluasi. Adapun Hasil pemberdayaan masyarakat melalui kerajinan tas anyam dari limbah tali adalah setelah adanya kelompok pembuat kerajinan dari limbah tali dapat membantu meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat, terciptanya peluang usaha

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat; Kerajinan; Desa Maitan
Subjects: 300 Social sciences > 303 Social processes > 303.4 Social change
300 Social sciences > 307 Communities
300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 21 Oct 2023 02:31
Last Modified: 18 Nov 2023 08:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21750

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics