Pengaruh pemanfaatan teknologi informasi, kompetensi SDM, dan ukuran usaha terhadap kualitas laporan keuangan pada UMKM : studi kasus pada UMKM bersertifikasi halal

Purnamasari, Jhela (2023) Pengaruh pemanfaatan teknologi informasi, kompetensi SDM, dan ukuran usaha terhadap kualitas laporan keuangan pada UMKM : studi kasus pada UMKM bersertifikasi halal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_1905076027_ JHELA PURNAMASARI_Lengkap] Text (SKRIPSI_1905076027_ JHELA PURNAMASARI_Lengkap)
SKRIPSI_1905076027_ JHELA PURNAMASARI_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pada UMKM masih banyak ditemui banyak kekurangan dalam pengelolaan keuangan. Hal tersebut dikarenakan masih banyak pelaku UMKM yang belum menerapkan pembukuaan sederhana, dimana tidak ada pemisah antara kas pribadi dan kas usaha. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengeruh mengenai pemanfaatan teknologi, kompetensi SDM, dan ukuran usaha terhadap kualitas laporan keuangan pada UMKM (studi kasus pada UMKM bersertifikasi halal di Kota Semarang). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan data primer berupa kusioner. Populasi penelitian ini menggunakan 132 pelaku UMKM bersertifikasi halal di Kota Semarang. Sampel penelitian ini menggunakan 75 pelaku usaha UMKM bersertifikasi halal. Pada pengambilan sampel menggunakan rumus solvin dengan teknik pengumpulan data sampel menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi informasi dan Kompetensi SDM secara parsial berpengaruf positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pada UMKM bersertifikasi halal di Kota Semarang. Sedangkan ukuran usaha secara parsial tidak berpengaruh positif terhadap kualitas laporan keuangan pada UMKM bersertifikasi halal di Kota Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Teknologi informasi; Kompetensi SDM; Ukuran usaha; Laporan keuangan
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 21 Oct 2023 02:37
Last Modified: 21 Oct 2023 02:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21769

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics