Pengaruh religiusitas, persepsi tentang pelaksanaan sanksi denda, tingkat penghasilan, dan pemutihan pajak terhadap keberhasilan penerimaan pajak bumi dan bangunan : studi kasus pada wajib pajak di Kecamatan Gunungpati

Resti, Diana (2023) Pengaruh religiusitas, persepsi tentang pelaksanaan sanksi denda, tingkat penghasilan, dan pemutihan pajak terhadap keberhasilan penerimaan pajak bumi dan bangunan : studi kasus pada wajib pajak di Kecamatan Gunungpati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1905046029_Diana Resti_Lengkap] Text (Skripsi_1905046029_Diana Resti_Lengkap)
Skripsi_1905046029_Diana Resti_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Dalam suatu negara, arti penting pajak bukan hanya sekedar menjadi sumber penerimaan yang melancarkan pembangunan nasional saja, tetapi juga sebagai sumber utama perbelanjaan pemerintah. Penerimaan pajak sangat penting untuk menunjang kegiataan ekonomi negara. Namun pelaksanaan perpajakan di Indonesia seringkali mengalami berbagai kendala diantaranya adalah peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang perpajakan tidak konsisten, lemahnya penegakan hukum tentang sanksi denda terhadap pelanggaran perpajakan, dan kurangnya kesadaran dari masyarakat untuk membayar pajak.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh religiusitas, persepsi wajib pajak tentang pelaksanaan sanksi denda, tingkat penghasilan, dan pemutihan pajak terhadap keberhasilan penerimaan PBB. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada wajib pajak di Kecamatan Gunungpati. Pengambilan sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 sampel dari populasinya yang berjumlah 53.964. Metode analisis dan uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa religiusitas berpengaruh positif terhadap keberhasilan penerimaan PBB, persepsi wajib pajak berpengaruh negatif terhadap keberhasilan penerimaan PBB, tingkat penghasilan berpengaruh positif terhadap keberhasilan penerimaan PBB, dan pemutihan pajak berpengaruh positif terhadap keberhasilan penerimaan PBB

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Religiusitas; Wajib ajak; Tingkat penghasilan; Pemutihan pajak
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 21 Oct 2023 02:44
Last Modified: 21 Oct 2023 02:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21776

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics