Pengaruh penerapan e-filing dan e-billing terhadap kepatuhan wajib pajak di kota semarang : studi kasus wajib pajak orang pribadi di Kota Semarang

Zuhri, Mualifah Nurul (2023) Pengaruh penerapan e-filing dan e-billing terhadap kepatuhan wajib pajak di kota semarang : studi kasus wajib pajak orang pribadi di Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1905046031_Mualifah Nurul Zuhri_Lengkap] Text (Skripsi_1905046031_Mualifah Nurul Zuhri_Lengkap)
Skripsi_1905046031_Mualifah Nurul Zuhri_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Pajak merupakan salah satu bagian dari sumber penerimaan negara yang kontribusinya cukup besar dalam hal membiayai penyelenggaraan pemerintah dan juga pembangunan nasional yang digunakan untuk kemakmuran rakyat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Sistem E-Filing dan pengaruh sistem E-Billing terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di Kota Semarang. Data penelitian diperoleh dari koesioner (primer) yang dibagikan kepada Wajib Pajak Orang Pribadi di Kota Semarang kemudian populasi pada penelitian ini yang jumlahnya 597.530 wajib pajak, terdiri dari 539.274 wajib pajak orang pribadi dan 58.256 wajib pajak badan yang terdaftar di Kota Semarang. Jumlah responden yang digunakan sebagai sampel dalam penelitian dengan menggunakan rumus slovin yaitu 100 responden yang diambil secara acak dengan metode random sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada wajib pajak di Kota Semarang. Proses analisis dan olah data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS 25. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan e-filing dan dan penerapan e-billing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak pada wajib pajak di Kota Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: E-filing; E-billing; Wajib pajak
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 21 Oct 2023 02:50
Last Modified: 21 Oct 2023 02:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21777

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics