Analisis faktor – faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa akuntansi syariah dalam pemilihan karier sebagai akuntan publik : studi kasus pada mahasiswa Akuntansi Syariah angkatan 2019 dan 2020 UIN Walisongo Semarang

Nashuha, Jovano Ainun (2023) Analisis faktor – faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa akuntansi syariah dalam pemilihan karier sebagai akuntan publik : studi kasus pada mahasiswa Akuntansi Syariah angkatan 2019 dan 2020 UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1905046041_Jovano Ainun Nashuha_Lengkap] Text (Skripsi_1905046041_Jovano Ainun Nashuha_Lengkap)
Skripsi_1905046041_Jovano Ainun Nashuha_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Jumlah Akuntan Publik yang ada di indonesia masihlah tergolong sedikit mengingat banyaknya mahasiswa akuntansi yang lulus setiap tahunnya, hal ini karena kurangnya minat para lulusan jurusan akuntansi untuk berkarier sebagai akuntan publik. Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi mahasiswa akuntansi dalam memutuskan untuk memilih karier, diantaranya yaitu pelatihan profsional, pengakuan profesional, nilai-nilai sosial, penghargaan finansial dan lingkungan kerja. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk menguji dan menganalisis pengaruh faktor-faktor tersebut terhadap minat mahasiswa akuntannsi syariah dalam pemilihan karier sebagai akuntan publik. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa S1 akuntansi syariah UIN Walisongo Semarang angkatan 2019 dan 2020. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner skala linkert. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis Regresi Linier Berganda, Uji F dan Uji T menggunakan program SPSS26. Setelah data yang didapat diproses oleh penelit didapatkan hasil bahwa pelatihan profesional, pengakuan profesional, dan lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa akuntansi syariah dalam pemilihan karier sebagai akuntan publik sedangkan nilai-nilai sosial dan penghargaan finansial tidak berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa akuntansi syariah dalam pemilihan karier sebagai akuntan publik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pelatihan profesional; Nilai-nilai sosial; Penghargaan finansial; Lingkungan kerja; Ninat
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education > 378.1 Organisasi dan aktivitas perguruan tinggi (dosen, staf, mahasiswa, kurikulum)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 21 Oct 2023 03:11
Last Modified: 21 Oct 2023 03:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21782

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics