Implementasi pembelajaran kontekstual dengan pendekatan IBL (inquiry based-learning) untuk meningkatkan hasil belajar materi pokok bahan kimia dalam makanan siswa kelas VIII di MTs NU 07 Patebon
Maulyya, Kifayatul (2011) Implementasi pembelajaran kontekstual dengan pendekatan IBL (inquiry based-learning) untuk meningkatkan hasil belajar materi pokok bahan kimia dalam makanan siswa kelas VIII di MTs NU 07 Patebon. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
63711001_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (877kB) | Preview
63711001_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (47kB) | Preview
63711001_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (180kB) | Preview
63711001_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (53kB) | Preview
63711001_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
63711001_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (17kB) | Preview
63711001_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (12kB) | Preview
Abstract
Hasil observasi awal secara langsung di kelas VIIIC, diketahui bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep pembelajaran pada materi bahan kimia dalam makanan. Hal ini dikarenakan pembelajaran sains di MTs NU 07 Patebon masih bersifat monoton. Selain itu metode pembelajaran yang diterapkan guru kurang bervariasi. Dikatakan kurang bervariasi, karena guru mendominasi pembelajaran dengan metode ceramah dan tidak melibatkan siswa secara aktif. sehingga materi yang disampaikan belum mencapai KKM ( Kriteria Ketuntasan Minimal ).
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VIIIC setelah diterapkan pembelajaran kontekstual dengan pendekatan IBL (Inquiry Based Learning) Materi Pokok Bahan Kimia Dalam Makanan DI MTs NU 07 Patebon.
Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan siklus pertama 3 pertemuan dan siklus dua 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIIIC MTs NU 07 Patebon yang berjumlah 41 siswa. Indikator ketercapaiannya apabila 85% siswa yang memperoleh nilai 65. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajarnya 72,3 dengan ketuntasan belajar 80%. Pada siklus I ini sudah ada peningkatan hasil belajar di bandingkan sebelumnya, akan tetapi masih perlu ditingkatkan lagi agar mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata hasil belajar peserta didik adalah 83,8 dengan ketuntasan belajar 95%. Hasil evaluasi siklus II telah mengalami peningkatan jika dibandingkan siklus I. Hasil evaluasi siklus II, peserta didik sudah tuntas secara klasikal. Hal ini menunjukkan bahwa sudah tidak perlu dilanjutkan pada siklus berikutnya.
Implementasi pembelajaran kontekstual dengan pendekatan IBL (Inquiry Based Learning) yang dilakukan di MTs NU 07 Patebon pada kelas VIIIC dengan materi pokok bahan kimia dalam makanan terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Kontekstual; Stretegi Pembelajaran; Inquiry Based Learning; Hasil Belajar; Kimia |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84204 - Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 10 Jun 2014 12:36 |
Last Modified: | 10 Jun 2014 12:36 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2179 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year