Strategi pendayagunaan zakat produktif melalui pemberdayaan mustahik pada BAZNAS Kabupaten Grobogan

Junaedi, Afanin (2023) Strategi pendayagunaan zakat produktif melalui pemberdayaan mustahik pada BAZNAS Kabupaten Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1905026124_Afanin_Junaedi] Text (Skripsi_1905026124_Afanin_Junaedi)
1905026124_AFANIN JUNAEDI_FULL SKRIPSI - Afanin J.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Zakat merupakan salah satu rukun islam yang wajib dilakukan oleh semua umat Islam, pengelolaan zakat yang baik dapat mengentaskan kemiskinan dari lingkungan masyarakat. Zakat yang dikelola secara produktif terbukti memiliki dampak positif bagi masyarakat miskin, mustahik yang mendapatkan dana dari zakat produktif dapat memanfaatkan dana bantuan modal tersebut secara produktif. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui strategi BAZNAS Kabupaten Grobogan dalam pendayagunaan zakat produktif melalui pemberdayaan mustahik, untuk mengetahui tingkat keberhasilan pendayagunaan zakat produktif melalui pemberdayaan mustahik pada BAZNAS Kabupaten Grobogan, serta mengetahui faktor penghambat strategi pendayagunaan zakat produktif melalui pemeberdayaan mustahik pada BAZNAS Kabupaten Grobogan Informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah staff BAZNAS Kabupaten Grobogan dan Mustahik penerima bantuan modal usaha. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan data sekunder. Pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan obervasi. Data dianalisis menggunakan analisis reduksi, penyajian data dan pengambilan keputusan. Hasil penelitian ini Strategi pendayagunaan zakat produktif melalui pemberdayaan mustahik pada BAZNAS Kabupaten Grobogan yaitu dengan cara memberikan modal usaha, mengadakan pelatihan wirausaha, dan melakukan sosialisasi Tingkat Keberhasilan pendayagunaan zakat produktif pada BAZNAS Kabupaten Grobogan belum maksimal, tetapi cukup memberikan dampak positif kepada mustahik yaitu dengan adanya peningkatan pendapatan, dan berkembangnya usaha para mustahik Faktor – faktor yang menjadi penghambat pendayagunaan zakat produktif terdapat faktor internal dan eksternal yaitu kurangnya tenaga ahli di BAZNAS Kabupaten Grobogan, sulitnya koordinasi terkait perkembangan kelompok modal usaha dan faktor eksternalnya yaitu kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai program BAZNAS. Keengganan perusahaan atau karyawan untuk membayar zakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Zakat produktif; modal usaha; Baznas
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 21 Oct 2023 04:29
Last Modified: 21 Oct 2023 04:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21794

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics