Pengaruh kredibilitas merek, citra merek dan kecintaan merek terhadap wom (word of mouth) pada konsumen erigo : studi pada konsumen mahasiswa UIN Walisongo Semarang

Jauhar, Bahran (2023) Pengaruh kredibilitas merek, citra merek dan kecintaan merek terhadap wom (word of mouth) pada konsumen erigo : studi pada konsumen mahasiswa UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1905026134_Bahran_Jauhar] Text (Skripsi_1905026134_Bahran_Jauhar)
1905026134_Bahran Jauhar_Lengkap Tugas Akhir - Bahran Jauhar.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (22MB)

Abstract

Pertumbuhan industri ritel Indonesia menduduki peringkat ke-4 dari 35 Negara berkembang di dunia, ritel bidang fashion menunjukkan kontribusi besar bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada sektor usaha parekraf. Disamping fenomena tersebut merek Erigo menunjukkan tren yang menurun pada Google Trends. Merek produk memiliki ikatan emosional khusus yang tercipta antara konsumen dan perusahaan, sehingga sinyal positif yang diperoleh konsumen akan memberikan dampak yang positif bagi perusahaan. Word of mouth salah satu bentuk sikap loyal konsumen dengan bentuk komunikasi interpersonal tentang pengalaman pribadi mereka terhadap merek. Survei pendahuluan pada 30 orang konsumen Erigo diperoleh hasil bahwa hanya 9 konsumen yang pernah melakukan promosi word of mouth. Penlitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh dari kredibilitas merek, citra merek dan kecintaan merek terhadap word of mouth pada konsumen Erigo dikalangan Mahasiswa.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel penelitian merupakan pengguna fashion lokal merek Erigo di kalangan Mahasiswa sebanyak 100 responden melalui metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuasioner. Teknik analisis yang dipilih untuk menganalisis data menggunakan statistik deskriptif, uji instrumen, uji asumsi klasik dan uji hipotesis dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi Linier Berganda.
Hasil penelitian menunjukkan variabel independen yaitu kredibilitas merek, citra merek dan kecintaan merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen yaitu word of mouth pada konsumen fashion merek Erigo dikalangan Mahasiswa. Disimpulkan, semakin tinggi kredibilitas merek, citra merek dan kecintaan merek Erigo maka semakin tinggi konsumen Erigo melakukan word of mouth.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Word of mouth; kredibilitas merek; citra merek; kecintaan merek
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 21 Oct 2023 06:13
Last Modified: 21 Oct 2023 06:13
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21802

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics