Pengaruh bimbingan kelompok terhadap kemampuan keterampilan sosial pada remaja IPNU IPPNU Kecamatan Margomulyo Bojonegoro

Chasanatin, Melinda Nur (2023) Pengaruh bimbingan kelompok terhadap kemampuan keterampilan sosial pada remaja IPNU IPPNU Kecamatan Margomulyo Bojonegoro. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1601016158_Melinda Nur Chasanatin_Skripsi Lengkap.pdf] Text
1601016158_Melinda Nur Chasanatin_Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penanaman nilai moral menjadi hal yang krusial untuk di aplikasikan di zaman ini. Upaya untuk meunmbuhkan ketrampilan sosial adalah dengan cara bimbingan konseling kelompok, adapun manfaatnya melalui layanan bimbingan kelompok maka kesalahan makna solidaritas di antara remaja dapat direduksi sehingga anarki remaja yang mengatasnamakan solidaritas dapat dihilangkan. Alasan menggunakan layanan bimbingan kelompok karena dalam layanan ini remaja akan dilibatkan dirinya secara aktif dalam mengeluarkan pendapat, pikiran, perasaan dan lebih luas dalam membuka wawasan, serta berkembangnya daya pikir siswa tentang sikap solidaritas secara berkelompok. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui dan menderipsikan pengaruh bimbingan kelompok terhadap kemampuan keterampilan sosial pada remaja IPNU Dan IPPNU Margomulyo Bojonegoro. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Adapun teknik analisisnya menggunakan analisis regresi linier sederhana, dengan responden berjumlah 50 orang. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dimana seluruh anggota dijadikan sampel, serta dalam penelitian ini menggunakan teknik uji coba terpakai atau try out terpakai, artinya pelaksanaan uji coba dilakukan bersamaan dengan pelaksanaan penelitian sesungguhnya dan hanya data dari butir-butir yang sahih saja yang nantinya akan dianalisis. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang positif antara bimbingan kelompok terhadap keterampilan sosial. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji regresi linier sederhana yang menunjukkan bernilai positif yang berarti semakin baik bimbingan kelompok maka akan berpengaruh positif terhadap keterampilan sosial. Pelajar IPNU dan IPPNU akan lebih memahami mengenai bimbingan kelompok dengan keterampilan sosial yang tepat, begitu juga sebaliknya. Apabila nilai koefisien regresi bimbingan kelompok naik sebesar 0,366 maka keterampilan sosial naik sebesar 0,366. Begitu juga sebaliknya jika koefisien regresi bimbingan kelompok turun 1 satuan skor maka keterampilan sosial turun sebesar 0,405.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan dan Penyuluhan; Remaja; Organisasi Pemuda
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Conscious mental processes and intelligence
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 21 Oct 2023 06:47
Last Modified: 21 Oct 2023 06:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21810

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics