Strategi pengembangan pariwisata melalui unsur 3A (Atraksi, Amenitas, Aksesibilitas) pada objek wisata religi makam Sunan Kalijaga di Kabupaten Demak

Hasanah, Lailatul (2023) Strategi pengembangan pariwisata melalui unsur 3A (Atraksi, Amenitas, Aksesibilitas) pada objek wisata religi makam Sunan Kalijaga di Kabupaten Demak. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.

[thumbnail of 1801036054_LAILATUL_HASANAH_SKRIPSI] Text (1801036054_LAILATUL_HASANAH_SKRIPSI)
1801036054_Lailatul Hasanah_Lengkap Tugas Akhir.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Lailatul Hasanah (1801036054) dengan skripsi yang berjudul: “Strategi Pengembangan Pariwisata melalui Unsur 3A (Atraksi, Amenitas, Aksesibilitas) pada Objek Wisata Religi Makam Sunan Kalijaga di Kabupaten Demak”
Salah satu potensi wisata yang sedang berkembang pada saat ini adalah wisata religi. Sebagaimana wisata religi di Kabupaten Demak yaitu makam Sunan Kalijaga. Setiap objek wisata memiliki keunikan dan ke khasan tersendiri, namun tidak lepas dari unsur 3A (atraksi, amenitas, aksesibilitas) yang ada. Pada objek wisata religi makam Sunan Kalijaga sudah menerapkan unsur 3A, namun ada beberapa kekurangan yang belum terpenuhi. Maka dari itu penulis merumuskan rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana Implementasi Unsur 3A (Atraksi, Amenitas, Aksesibilitas) makam Sunan Kalijaga sebagai Destinasi Wisata Religi di Kabupate Demak? 2) Bagaimana Strategi Pengembangan Pariwisata pada Objek Wisata Religi Makam Sunan Kalijaga di Kabupaten Demak?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Unsur 3A (Atraksi, Amenitas, Aksesibilitas) makam Sunan Kalijaga sebagai Destinasi Wisata Religi di Kabupaten Demak dan Strategi Pengembangan Pariwisata melalui Unsur 3A (Atraksi, Amenitas, Aksesibilitas) pada Objek Wisata Religi Makam Sunan Kalijaga di Kabupaten Demak. Penelitian skripsi ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data yang diperoleh menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dan dianalisis menggunkan teknik analisis data yang meliputi reduksi data, tahap penyajian, dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Implementasi unsur 3A (atraksi, amenitas, dan aksesibilitas) pada objek wisata religi makam Sunan Kalijaga sudah memadai namun masih ada beberapa kekurangan. Dalam atraksi (daya tarik) wisata religi makam Sunan Kalijaga memiliki daya tarik berupa budaya yang sudah beliau ajarkan, arsitektur bangunan dan sosok beliau Sunan Kalijaga yang sangat dikenal oleh orang-orang sekitar. Amenitas yang disediakan seperti penitipan alas kaki, masjid, kamar mandi, lahan parkir, sudah memadai namun masih ada kekurangan yang belum terpenuhi. Aksesibilitas pada makam Sunan Kalijaga sudah cukup baik. Kondisi jalan yang sudah diaspal dan mudah diakses untuk para pengunjung yang ingin datang. 2) strategi pengembangan pariwisata melalui unsur 3A pada makam Sunan Kalijaga terbagi menjadi 3 aspek, strategi pengembangan bidang ekonomi, strategi pengembangan bidang keagamaan, dan strategi pengembangan bidang sosial budaya. Ketiga aspek tersebut sudah berjalan dengan baik, namun ada beberapa kekurangan yang perlu diperbaiki untuk hasil lebih baik ke depannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi; Pengembangan Pariwisata; Atraksi; Amenitas; Aksesibilitas; Wisata Religi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places. Pilgrims
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 21 Oct 2023 07:10
Last Modified: 21 Oct 2023 07:10
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21816

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics