Analisis strategi pemasaran syariah umkm batik dalam meningkatkan daya saing : studi Kasus UMKM di Pasar Grosir Batik Setono Kota Pekalongan

Fikriyah, Fina Dzirwah (2023) Analisis strategi pemasaran syariah umkm batik dalam meningkatkan daya saing : studi Kasus UMKM di Pasar Grosir Batik Setono Kota Pekalongan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1905026152_Fina_Dzirwah_Fikriyah] Text (Skripsi_1905026152_Fina_Dzirwah_Fikriyah)
1905026152_FINA DZIRWAH FIKRIYAH_TUGAS AKHIR - Fina Dzirwah Fikriyah UIN Walisongo Semarang.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin pesat ini dapat memberikan efek kepada toko offline yang ada. Namun dengan adanya toko online belum tentu dibarengi dengan kejujuran dari usaha tersebut, seperti ketidaksesuaian barang, pelayanan kurang memuaskan, dan lain sebagainya. Padahal bagi seorang pengusaha muslim dalam melakukan aktivitas usahanya harus berdasarkan pada Al-Qur’an dan Hadist serta terhindar dari Maysir, Gharar, Haram, Riba, dan Bunga. Pemasaran syariah begitu penting jika dilihat dari banyaknya kasus penipuan atau ketidakjujuran suatu usaha dalam memasarkan produknya. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui etika pemasaran syariah dan strategi pemasaran syariah yang dilakukan pada UMKM Batik di Pasar Grosir Batik Setono Kota Pekalongan dalam meningkatkan daya saing.
Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif, dimana suatu fenomena dianalisis dan cenderung menggunakan narasi dalam pemaparan analisisnya. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara kepada Kepala Pasar Grosir Batik Setono Kota Pekalongan, para pelaku UMKM, konsumen serta dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan analisis pemasaran syariah, para Pemilik UMKM di Pasar Grosir Batik Setono Kota Pekalongan sudah menanamkan sifat-sifat Rasulullah SAW dalam etika berdagang, seperti sifat Shiddiq (jujur atau benar), Amanah (dapat dipercaya), Fathanah (cerdas), Tabligh (Komunikatif). Hal ini dibuktikan dengan kegiatan proses pemasarannya dilakukan dengan jujur dengan apa yang ditawarkan dan tidak berlebihan, amanah, dan transparan akan produk yang dijual serta memandang pesaing sebagai mitra dan melakukan persaingan secara sehat. Teknik pemasaran yang digunakan yaitu menggunakan bauran pemasaran 4P yakni product (produk), price (harga), place (tempat), promotion (promosi).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; UMKM; etika; pemasaran syariah; batik
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 21 Oct 2023 07:31
Last Modified: 21 Oct 2023 07:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21818

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics