Pengaruh inflasi, nilai tukar rupiah, dan Sertifikat Bank Indonesia Syariah (SBIS) terhadap Nilai Aktiva Bersih (NAB) reksa dana syariah di Indonesia

Rhamadhan, Muhammad Alfian (2023) Pengaruh inflasi, nilai tukar rupiah, dan Sertifikat Bank Indonesia Syariah (SBIS) terhadap Nilai Aktiva Bersih (NAB) reksa dana syariah di Indonesia. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1905046057_MUHAMMAD ALFIAN RHAMADHAN_Lengkap] Text (Skripsi_1905046057_MUHAMMAD ALFIAN RHAMADHAN_Lengkap)
Skripsi_1905046057_MUHAMMAD ALFIAN RHAMADHAN_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh inflasi terhadap Nilai aktiva bersih (NAB) Reksa dana syariah, untuk mengetahui pengaruh nilai tukar rupiah terhadap Nilai aktiva bersih (NAB) Reksa dana syariah dan untuk mengetahui pengaruh sertifikat bank indonesia syariah (SBIS) terhadap Nilai aktiva bersih (NAB) Reksa dana syariah.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan jenis data sekunder yang diperoleh secara time series. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh Perusahaan Reksa dana syariah yang terdaftar di OJK Tahun 2018- 2021. Kemudian teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh semua populasi dalam penelitian ini dijadikan sampel, jadi dalam penelitian ini sampel yang di gunakan adalah seluruh perusahaan reksa dana yang terdaftar di badan otoritas jasa keuangan(OJK) yang berjumlah 289 perusahaan. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistics 26. Analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan analisis regresi berganda.
Hasil penelitian menyatakan bahwa Inflasi terpengaruh negative dan signifikan terhadap Nilai aktiva bersih (NAB) Reksa dana syariah, nilai tukar rupiah tidak berpengaruh signifikan terhadap Nilai aktiva bersih (NAB) Reksa dana syariah, dan bahwa sertifikat bank indonesia syariah (SBIS) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai aktiva bersih (NAB) Reksa dana syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Reksa dana shariah Inflasi; Nilai tukar rupiah; Sertifikat bank Indonesia shariah
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 21 Oct 2023 07:49
Last Modified: 21 Oct 2023 07:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21824

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics