Pengelolaan sarana prasarana dalam menunjang pelayanan kepada jamaah Masjid al – Ishlah Tlogosari Kulon Semarang

Farid, Miftah (2023) Pengelolaan sarana prasarana dalam menunjang pelayanan kepada jamaah Masjid al – Ishlah Tlogosari Kulon Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.

[thumbnail of 1801036118_MIFTAH_FARID_SKRIPSI] Text (1801036118_MIFTAH_FARID_SKRIPSI)
Miftah farid_1801036118_Lengkap Tugas Akhir.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Miftah Farid 1801036118,“Pengelolaan Sarana Prasarana menunjang pelayanan kepada Jamaah Masjid Al-Ishlah Tlogosari Kulon Semarang”.
Masjid adalah suatu bangunan yang menjadi pusat ibadah, dakwah dan peradaban islam, masjid memiliki beberapa fungsi, masjid secara etimologis berasal dari kata “sajada”-yasjudu-sujudan yang memiliki arti sebagai tempat sujud, dalam rangka mengerjakan shalat. Selain digunakan untuk beribadah, masjid juga digunakan sebagai tempat kegiatan sosial terkait dengan bidang keagamaan. Masjid juga memiliki beberapa sarana dan prasarana, salah satunya yaitu adanya fasilitas untuk melaksanakan Ibadah secara sendiri maupun berjamaah. Mekanisme pelayanan yang dilakukan Masjid Al-Ishlah Tlogosari Kulon secara garis besar diawali dengan mempersiapkan sarana prasarana. Dalam melayani jamaah mekanisme di tiap tahapan memerlukan penunjang berupa sarana prasarana yang dikelola dengan baik. Sarana dan prasarana ini adalah bagian yang paling utama dalam penilaian dalam meningkatkan pelayanan jamaah. Salah satunya yaitu tentang Pengelolaan sarana prasarana kepada jamaah Masjid AL-Ishlah Tlogosari Kulon Semarang.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kondisi sarana dan prasarana Masjid Al-Ishlah Tlogosari kulon Semarang, dan mengetahui mekanisme pelayanan jamaah Masjid Al-Ishlah Tlogosari kulon, Semarang. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis menggunakan reduksi , penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kondisi sarana dan prasarana di Masjid Al-Ishlah Tlogosari Kulon Semarang dapat menunjang pelayanan kepada Jamaah. Kebutuhan fasilitas sudah dipenuhi dan diberikan dengan cukup baik. Pengelolaan yang dilakukan sesuai dengan pedoman Pengelolaan Masjid. Fasilitas yang diberikan memiliki kondisi yang baik dan memadai untuk digunakan para jamaah. Kondisi sarana dan prasarana yang sudah dijaga juga menjadi penilaian terhadap Masjid Al-Ishlah dalam memberikan pelayanan kepada jamaah. Mekanisme pelayanan Masjid Al-Ishlah Tlogosari Kulon Semarang terdiri dari beberapa komponen seperti tersedianya pengurus yang baik, tersedianya sarana dan prasarana yang baik, memenuhi kebutuhan jamaah. Selain memberikan pelayanan umum Masjid Al-Ishlah juga memiliki mekanisme yang menunjang kegiatan jamaah seperti, adanya kegiatan pengajian rutin Masjid, peringatan Hari Besar Islam, kegiatan Ramadhan. Masjid Al-Ishlah melayani jamaah dengan prinsip kesucian, prinsip pelayanan prima, prinsip kenyamanan, prinsip keamanan, prinsip perlindungan, dan prinsip transparansi data.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan; Pelayanan; Sarana Prasarana
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 21 Oct 2023 08:18
Last Modified: 21 Oct 2023 08:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21827

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics