Penggunaan media lagu pada materi pokok hidrokarbon guna meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X semester genap SMA Islam Jepara tahun pelajaran
Nikmah, Nujumun (2011) Penggunaan media lagu pada materi pokok hidrokarbon guna meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X semester genap SMA Islam Jepara tahun pelajaran. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
63711014_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
63711014_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (52kB) | Preview
63711014_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (97kB) | Preview
63711014_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (48kB) | Preview
63711014_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (274kB) | Preview
63711014_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (12kB) | Preview
63711014_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (13kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian tindakan merupakan suatu proses yang memberikan kepercayaan kepada pengembangan kekuatan reflektif, diskusi dan berfikir. Adapun pengumpulan datanya dengan cara: tes dan dokumentasi. Sedangkan analisisnya menggunakan deskriptif analitis.
Penelitian dilaksanakan di kelas X 3 SMA Islam Jepara Semeseter Genap tahun pelajaran 2010-2011 yang terdiri dari 30 siswa. Penelitian atas dua siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pada tahap perencanaan disusun skenario pembelajaran dan menyiapkan perangkat pembelajaran. Proses pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan metode ceramah dengan media lagu. Pada tahap observasi, dilakukan tes hasil akhir belajar. Indikator kinerja pada penelitian berupa tercapainya ketuntasan belajar secara individual 65 dan klasikal sebesar 85%.
Dengan penerapan metode ceramah denagn menggunakan media lagu pada mata pelajaran kimia, khususnya pada materi pokok hidrokarbon dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X.3 SMA Islam Jepara terutama siswa yang belum mencapai KKM yang telah ditentukan yaitu (65). Hal ini ditandai dengan meningkatnya nilai rata-rata hasil belajar peserta didik baik. Sebelum menggunakan media lagu hanya ceramah saja yaitu pada tahun 2009/2010 dengan nilai rata-rata peserta didik yaitu 57,33 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 46,67%, siswa yang tuntas sebanyak 14 orang dan yang tidak tuntas sebanyak 16 orang, setelah menerapkan metode ceramah denga media lagu menjadi 62,67 dengan ketuntasan klasikal 60% pada siklus I dengan nilai individu tertinggi yaitu 80 dan nilai individu terendah yaitu 50, siswa yang tuntas sebanyak 18 orang dan yang tidak tuntas sebanyak 12 orang. Pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 69,33 dengan ketuntasan klasikal 90% dengan nilai individu tertinggi yaitu 85 dan nilai individu terendah yaitu 60, siswa yang tuntas sebanyak 27 orang dan yang tidak tuntas sebanyak 2 orang.
Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran menggunakan metode ceramah dengan media lagu, ini dapat dilihat dari rata-rata nilai siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran; Hidrokarbon; Strategi pembelajaran |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84204 - Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 12 Jun 2014 01:00 |
Last Modified: | 12 Jun 2014 01:00 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2183 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year