Pengaruh resiko audit, independensi, skeptisisme profesional, pengalaman audit, dan pengetahuan akuntansi dan auditing terhadap ketepatan pemberian opini audit

Rimandhan, Rizki Ahmad (2023) Pengaruh resiko audit, independensi, skeptisisme profesional, pengalaman audit, dan pengetahuan akuntansi dan auditing terhadap ketepatan pemberian opini audit. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1904056060_Rizki Ahmad Rimandhan_Lengkap] Text (Skripsi_1904056060_Rizki Ahmad Rimandhan_Lengkap)
Skripsi_1904056060_Rizki Ahmad Rimandhan_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak antara resiko audit, independensi, skeptisme profesional, pengetahun akuntasi dan auditing, dan pengalaman audit terhadap ketepatan pemberian opini audit. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuersioner yang respondenya adalah Kantor Akuntan Publik (KAP) di wilayah Kota Semarang yang terdaftar di otoritas jasa keuangan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 53 auditor yang berada di KAP Kota Semarang dengan menggunakan teknik purposive sampling adalah salah satu teknik sampling non random, dimana peneliti menentukan beberapa kriteria terhadap responden. Penelitian ini menggunakan analisi regresi linier berganda IBM SPSS 25.
Hasil dari penelitian membuktikan bahwa variabel resiko audit memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap ketepatan pemberian opini audit. Variabel independensi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap ketepatan pemberian opini audit. Variabel skeptisime professional memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap ketepatan pemberian opini audit. Variabel pengetahuan akuntansi dan auditing memiliki pengaruh positif terhadap ketepatan pemberian opini audit. Dan variabel pengalaman audit memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap ketepatan pemberiam opini audit.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Resiko audit; Independensi; Skeptisisme; Profesional; Akuntansi; Opini audit
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 23 Oct 2023 01:06
Last Modified: 23 Oct 2023 01:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21832

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics