Perubahan sosial ekonomi masyarakat pasca pembangunan pabrik semen oleh PT. Semen Indonesia di Desa Pasucen Kecamatan Gunem Kabupaten Rembang

Wicaksono, Bagus Nugroho (2023) Perubahan sosial ekonomi masyarakat pasca pembangunan pabrik semen oleh PT. Semen Indonesia di Desa Pasucen Kecamatan Gunem Kabupaten Rembang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1506026064_Bagus_Nugroho_Wicaksono] Text (Skripsi_1506026064_Bagus_Nugroho_Wicaksono)
1506026064_Bagus Nugroho Wicaksono_Tugas Akhir - Bagus Nugroho.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Adanya pembangunan pabrik semen PT. Semen Indonesia di Desa Pasucen, Kecamatan Gunem, Kabupaten Rembang, menjadi salah satu contoh adanya pembangunan industri di tengah masyarakat desa, industri tersebut memberikan dampak terhadap kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat di sekitarnya. Pembangunan pabrik semen tersebut kemudian memberikan dorongan proses menuju modernisasi. Hal ini karena adanya bantuan dari pabrik berupa teknologi dan informasi, serta terbentuknya sebuah komunitas baru di tengah masyarakat Desa Pasucen melalui interaksi yang terjadi kemudian membentuk sebuah alih budaya yang berasimilasi dengan budaya masyarakat. Hal inilah yang kemudian membuat peneliti tertarik melakukan sebuah penelitaan tentang perubahan sosial ekonomi masyarakat Desa Pasucen pasca pembangunan pabrik semen oleh PT. Semen Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara dan observasi. Melalui penelitian ini peneliti bisa menyimpulkan bahwa adanya pembangunan pabrik semen oleh PT. Semen Indonesia kemudian menyebabkan berbagai perubahan sosial di tengah masyarakat Desa Pasucen terutama peningkatan kondisi ekonomi yang kemudian juga merubah struktur sosial serta pola hidup masyarakat Desa Pasucen.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perubahan sosial ekonomi; modernisasi; pabrik semen
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 67201 - Ilmu Politik
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 23 Oct 2023 01:53
Last Modified: 23 Oct 2023 01:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21839

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics