Pengaruh inflasi, harga emas, dan nilai tukar (kurs) terhadap harga saham sektor pertambangan yang tergabung dalam Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2020-2022

Fujianingsih, Erni Sri (2023) Pengaruh inflasi, harga emas, dan nilai tukar (kurs) terhadap harga saham sektor pertambangan yang tergabung dalam Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2020-2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1905046089_Erni Sri Fujianingsih_Lengkap] Text (Skripsi_1905046089_Erni Sri Fujianingsih_Lengkap)
Skripsi_1905046089_Erni Sri Fujianingsih_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Harga saham dianggap sebagai faktor yang membuat investor menginvestasikan dana yang dimilikinnya di pasar modal karena investor menilai bahwa harga saham dapat mencerminkan tingkat pengembalian modal yang mereka tanamkan. Dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, investasi saham di sektor pertambangan menjadi salah satu pilihan yang paling diminati oleh investor. Hal tersebut dikarenakan sektor pertambangan merupakan sektor yang semakin strategis bagi Indonesia mengingat banyaknya sumber tambang yang dimiliki Indonesia.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif berdasarkan fenomena dan masalah dari penelitian ini yang perlu diuji sebab akibat antar variabel dengan uji statistik. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh dari pihak ketiga dengan teknik pengambilan data purposive sampling atau dengan kriteria yaitu perusahaan saham pertambangan yang tergabung dalam Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) dan yang memiliki laporan harga saham closing price setiap tahun selama periode 2020-2022.
Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan uji analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik dan uji regresi linear berganda diperoleh bahwa secara parsial inflasi tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham, harga emas dan nilai tukar (kurs) berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham. Secara simultan inflasi, harga emas dan nilai tukar (kurs) berpengaruh signifikan terhadap harga saham dengan nilai koefisien determinasi sebesar 38%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Harga saham; Sektor pertambangan; Inflasi; Harga emas; Nilai tukar (Kurs)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.6 Investasi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 23 Oct 2023 02:27
Last Modified: 23 Oct 2023 02:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21849

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics