Pengaruh literasi keuangan islam dan nilai organisasi terhadap penerimaan dana sumbangan lembaga nirlaba Islam : studi kasus penerimaan dana sumbangan di lembaga Dompet Dhuafa Jawa Tengah

Kholifah, Umi Wakhidatul (2023) Pengaruh literasi keuangan islam dan nilai organisasi terhadap penerimaan dana sumbangan lembaga nirlaba Islam : studi kasus penerimaan dana sumbangan di lembaga Dompet Dhuafa Jawa Tengah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1905046093_Umi Wakhidatul Kholifah_Lengkap] Text (Skripsi_1905046093_Umi Wakhidatul Kholifah_Lengkap)
Skripsi_1905046093_Umi Wakhidatul Kholifah_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Dana sumbangan merupakan produk dari keuangan syariah yang merupakan dana yang diberikan kepada yang membutuhkan. Negara Indonesia yang sebagian besar penduduknya muslim, dapat menjadi tolak ukur penerimaan sumbangan di lembaga nirlaba islam.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari literasi keuangan islam dan nilai organisasi terhadap penerimaan dana sumbangan di lembaga Dompet Dhuafa Jawa Tengah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Adapun teknik penarikan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer berbentuk kuesioner. Data dianalisis menggunkan pengujian validitas, reliabilitas, uji fit model dan hubungan antar variabel dengan bantuan software WarpPLS 7.0.
Hasil penelitian diperoleh variabel literasi keuangan islam memiliki nilai koefisien jalur sebesar 0,183 dan nilai p-Value 0,034 hal ini menunjukkan bahwa variabel literasi keuangan islam berpengaruh positif dan signifikan terhadap penerimaan dana sumbangan lembaga nirlaba islam di dompet dhuafa Jawa Tengah. Sedangkan variabel nilai organisasi memiliki nilai koefisien jalur 0,532 dan nilai p-Value < 0,001 maka dapat disimpulkan bahwa nilai organisasi berpengaruh positif dan sangat signifikan terhadap penerimaan dana sumbangan lembaga nirlaba islam di dompet dhuafa Jawa Tengah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Literasi keuangan Islam; Nilai organisasi; Dana sumbangan; Lembaga irlaba Islam; Dompet dhuafa
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 23 Oct 2023 02:36
Last Modified: 23 Oct 2023 02:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21852

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics