Pengaruh Good Corporate Governance (GCG) dan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan : pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index 2017-2021

Arvani, Adida Trixi (2023) Pengaruh Good Corporate Governance (GCG) dan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan : pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index 2017-2021. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1905046098_Adida Trixi Arvani_Lengkap] Text (Skripsi_1905046098_Adida Trixi Arvani_Lengkap)
Skripsi_1905046098_Adida Trixi Arvani_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul Pengaruh Good Corporate Governance dan Corporate Social Responsibility Terjadap Nilai Perusahaan oleh Adida Trixi Arvani NIM 1905046098 ini mendapatkan permasalahan tentang pentingnya penerapan Good Corporate Governance dan Corporate Social Responsibility untuk meningkatkan nilai perusahaan sehingga menarik pihak investor. Terjadi peningkatan di perusahaan yang terdafatar di JII yang menerbitkan Laporan Berkelanjutan pada tahun 2017-2021. Peningkatan ini menunjukan bahwa pengungkapan aktivitas tanggung jawab sosial perusahaan merupakan issue potensial yang menjadi perhatian para stakeholder dan dapat menunjang keberlangsungan perusahaan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Good Corporate Governance yang terdiri Kepemilikan Institusional, Dewan Komisaris Independen, Komite Audit dan pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) pada periode 2017-2021.
Penelitain ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam menentukan sampel penelitian ini adalah metode purposive sampling sedangkan populasi penelitian ini pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII). Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 7 perusahaan. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan yang dipublikasikan di internet melalui website resmi Jakara Islamic Index (JII) www.idx.com tahun 2017-2021. Metode analisis pada penelitian ini adalah regresi berganda. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah software SPSS 2.5 for windows.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Kepemilikan Institusional berpengaruh negatif terhadap Nilai Perusahaan. (2) Dewan Komisaris Independen berpengaruh negatif terhadap Nilai Perusahaan. (3) Komite Audit berpengaruh negatif terhadap Nilai Perusahaan. (4) Corporate Social Responsibility berpengaruh positif terhadap keputusan Nilai Perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Nilai perusahaan; Kepemilikan institusional Dewan komisaris independen; Komite audit; Corporate Social Responsibility(CSR)
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 23 Oct 2023 02:52
Last Modified: 23 Oct 2023 02:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21859

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics