Pengaruh struktur modal, pertumbuhan perusahaan,ukuranperusahaan, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan : studi kasus pada perusahaan manufaktur sektor aneka industri yang terdaftar di BEI tahun 2019-2021

Ramadhan, Muhammad Syahrul (2023) Pengaruh struktur modal, pertumbuhan perusahaan,ukuranperusahaan, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan : studi kasus pada perusahaan manufaktur sektor aneka industri yang terdaftar di BEI tahun 2019-2021. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1905046100_M Syahrul R_Lengkap] Text (Skripsi_1905046100_M Syahrul R_Lengkap)
Skripsi_1905046100_M Syahrul R_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Nilai Perusahaan merupakan persepsi para investor terhadap tingkat keberhasilan perusahaan yang sering dikaitkan dengan harga saham. Nilai perusahaan tidak hanya mencerminkan bagaimana nilai intrinsik pada saat ini tetapi juga mencerminkan prospek dan harapan akan kemampuan perusahaan tersebut dalam meningkatkan nilai kekayaannya di masa depan. Naik turunnya nilai perusahaan yang terjadi akibat pengaruh dari struktur modal, pertumbuhan perusahaan, ukuran perusahaan dan profitabilitas, hal ini dapat mempengaruhi minat investor. Apabila nilai perusahaan meningkat mencerminkan bahwa perusahaan tersebut dengan cermat mampu mengelola perusahaannya dan mampu memiliki prospek baik di masa yang akan mendatang. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah struktur modal, pertumbuhan perusahaan, ukuran perusahaan dan profitabilitas dapat berpengaruh terhadap nilai perusahaan Manufaktur sektor Aneka Industri yang terdaftar di BEI tahun 2019 – 2021.
Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetaui apakah struktur modal berpengaruh terhadap nilai perusahaan,apakah pertumbuhan perusahaan berpengaruh terhadap nilai perusahaan, apakah ukuran perusahaan berpengaruh terhadap nilai perusahaan, dan apakah profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan kuantitatif, Sumber data penelitian diambil dari laporan keuangan tahunan yang dipublikasikan pada Bursa Efek Indonesia. Populasi yang digunakan adalah seluruh perusahaan manufaktur sektor industri yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia ( BEI ) tahun 2019-2021. Penelitian ini menyatakan bahwa Profitabilitas memiliki pengaruh terhadap Nilai Perusahaan, artinya ketika Profitabilitas meningkat maka akan meningkatkan Nilai Perusahaan. Semakin tinggi profitabilitas yang diperoleh perusahaan, maka akan semakin tinggi kepercayaan investor terhadap perusahaan, sehingga harga saham akan meningkat dan itu berati meningkatnya nilai perusahaan tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Nilai perusahaan; Struktur modal; Pertumbuhan perusahaan; Profitabilitas
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.6 Investasi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 23 Oct 2023 03:02
Last Modified: 23 Oct 2023 03:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21861

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics