Pengembangan minat dan bakat generasi milenial melalui kegiatan seni rebana sebagai media dakwah di Kelurahan Mijen Kecamatan Mijen Kota Semarang

Ibrahim, Suchron (2023) Pengembangan minat dan bakat generasi milenial melalui kegiatan seni rebana sebagai media dakwah di Kelurahan Mijen Kecamatan Mijen Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1801046051_SUCHRON_IBRAHIM] Text (SKRIPSI_1801046051_SUCHRON_IBRAHIM)
1801046051_Suchron ibrahim_Lengkap tugas akhirr - Ibrahim 12(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Suchron Ibrahim (1801046051) Penelitian ini berjudul “Pengembangan minat dan bakat generasi milenial melalui kegiatan seni rebana sebagai media dakwah di Kelurahan Mijen Kecamatan Mijen Kota Semarang”
Pengembangan minat dan bakat merupakan kegiatan mengembangkan minat dan bakat pada masyarakat melalui kegiatan positif. Grup Rebana Hubbul Wathon merupakan organisasi sebagai wadah anak muda (generasi milenial) untuk mengembangkan bakatnya. Pengembangan masyarakat berupa minat dan bakat melalui grup rebana hubbul wathon di bentuk diharapkan untuk menjadi generasi penerus kegiatan keagamaan di RW 3 Kelurahan Mijen Kota Semarang, karena selama ini kegiatan keagamaan hanya di isi oleh orang tua. Rumusan penelitian ini adalah : (1) Bagaimana proses pengembangan minat dan bakat generasi milenial melalui seni rebana di Kelurahan Mijen Kecamatan Mijen Kota Semarang. (2) Bagaimana bentuk pemanfaatan seni rebana sebagai media dakwah oleh generasi milenial di Kelurahan Mijen Kecamatan Mijen Kota Semarang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan minat dan bakat generasi milenial melalui seni rebana di Kelurahan Mijen Kecamatan Mijen Kota Semarang dan bentuk pemanfaatan seni rebana sebagai media dakwah oleh generasi milennial di Kelurahan Mijen Kecamatan Mijen Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, menggunakan teknik wawancara, observasi, serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pertama, Proses pengembangan minat dan bakat generasi milenial melalui seni rebana, ialah : (1) Perencanaan (planning), (2) Pengorganisasian (organizing), (3) Pelaksanaan (actuating), (4) Pengawasan (controlling), (5) Evaluasi (evaluation). Kedua, bentuk pemanfaatan seni rebana sebagai media dakwah oleh generasi milenial, yaitu : (1) Menjadi wadah bagi anak muda untuk menghidupkan kegiatan keagamaan, (2) Masyarakat lebih mengenal sholawat melalui Grup Rebana Hubbul Wathon, (3) Adanya pelatihan rebana di RW 3 (4) Menjadi penggerak kegiatan dakwah di kalangan anak muda.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Minat Dan Bakat; Generasi Milenial; Grup Rebana Hubbul Wathon
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 22 Nov 2023 09:24
Last Modified: 22 Nov 2023 09:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21872

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics