pengaruh motivasi pembelajaran melalui model inquiry terhadap keaktifan siswa dalam belajar biologi materi ekosistem di MTs NU Al-Syairiyah Limpung Batang tahun ajaran 2009/2010

Supriyanti, Supriyanti (2011) pengaruh motivasi pembelajaran melalui model inquiry terhadap keaktifan siswa dalam belajar biologi materi ekosistem di MTs NU Al-Syairiyah Limpung Batang tahun ajaran 2009/2010. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 63811010_Coverdll.pdf]
Preview
Text
63811010_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 63811010_Bab1.pdf]
Preview
Text
63811010_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 63811010_Bab2.pdf]
Preview
Text
63811010_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of 63811010_Bab3.pdf]
Preview
Text
63811010_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 63811010_Bab4.pdf]
Preview
Text
63811010_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (43kB) | Preview
[thumbnail of 63811010_Bab5.pdf]
Preview
Text
63811010_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (21kB) | Preview
[thumbnail of 63811010_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
63811010_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (11kB) | Preview

Abstract

Studi ini membahas tentang pengaruh motivasi pembelajaran mealui model inquiry terhadap keaktifan siswa kelas VII dalam belajar materi ekosistem. Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengetahui apakah model pembelajaran inquiry akan berpengaruh terhadap keaktifan siswa dalam belajar biologi materi ekosistem di MTs Nu Al-Syairiyah Limpung Batang dan 2). Mengetahui apakah motivasi pembelajaran ini dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar biologi materi ekosistem di Mts Nu Al-Syairiyah Limpung Batang.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif karena hasil penelitian ini berupa pengujian hipotesis melalui rumus regresi yang didapat data-datanya melalui penelitian lapangan yang berupa angket dan lembar observasi. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh penliti adalah dengan: 1). Metode angket atau kuesioner ini dalam observasi digunakan untuk memperoleh data motivasi siswa dalam belajar materi ekosistem. 2). Metode observasi ini digunakan untuk memperoleh data keaktifan dalam proses belajar mengajar melalui lembar observasi. 3). Metode dokumentasi, dalam penelitian ini dokumentasi yang dilakukan peneliti adalah mengumpulkan data-data berupa dokumen (profil sekolah) serta foto-foto kegiatan siswa dalam pembelajaran inquiry.
Dari hasil penelitian menunjukan bahwa dengan model inquiry yang diterapakan dalam proses pembelajaran matei ekosistem di kelas VII MTs Nu Al-Syairiyah Limpung Batang ini menunjukkan dari hasil angket yang disebar kepada siswa bahwa 100% siswa merasa termotivasi. Sedangkan dari segi keaktifan dari aspek affektif 90% siswa menjadi aktif dan dari aspek psikomotorik 80% siswa juga terlihat aktif dalam proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Motivasi Pembelajaran; Inquiry; Keaktifan Siswa; Biologi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 12 Jun 2014 01:09
Last Modified: 24 May 2021 02:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2190

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics