Persepsi guru PAI terhadap penggunaan media pembelajaran go PAI (studi pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti sekolah dasar di Jawa Tengah)

Setyaningrum, Rania Putri Yuli (2023) Persepsi guru PAI terhadap penggunaan media pembelajaran go PAI (studi pada mata pelajaran PAI dan budi pekerti sekolah dasar di Jawa Tengah). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1903016051_RANIA_PUTRI_YULI_SETYANINGRUM] Text (SKRIPSI_1903016051_RANIA_PUTRI_YULI_SETYANINGRUM)
1903016051_Rania Putri Yuli Setyaningrum_Lengkap Tugas Akhir - rania putri.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Persepsi Guru PAI terhadap Penggunaan Media Pembelajaran GO PAI yang dilakukan di Sekolah Dasar pada wilayah Jawa Tengah. Penelitian ini bertempat pada beberapa sekolah di Jawa Tengah yaitu di SD Negeri 06 Cendono Kudus, SD Negeri 02 Mongkrong Boyolali, dan SD Negeri Wates 02 Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru PAI terhadap penggunaan media pembelajaran GO PAI pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti Sekolah Dasar di Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penulis meggunakan teknik wawancara dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Untuk uji keabsahan data, penulis menggunakan triangulasi teknik. Sedangkan untuk analisis data penulis menggunakan model analisis Miles dan Hubarman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah persepsi guru dalam penggunaan media pembelajaran GO PAI di bagi menjadi 5 fokus utama. 1) Pengintegrasian teknologi dalam proses pembelajaran sangat diperlukan untuk mengenalkan siswa terhadap penggunaan teknologi. Selain itu teknologi juga dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. 2) Penggunaan media GO PAI dalam pembelajaran. Pada tahap persiapan guru melakukan persiapan yang matang. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan media GO PAI mendapat respon baik dari siswa serta dapat meningkatkan minat, m otivasi, dan ketrampilan belajar siswa. Guru melakukan evaluasi belajar secara komprehensif. 3) Media GO PAI memiliki teknis yang mudah di operasikan. Bahasa yang dugunakan mudah dipahami serta fitur yang ada sudah bagus tetapi perlu dikembangkan lagi.4) Materi yang sudah diajarkan melalui media GO PAI tidak hanya diimplementasikan di kelas tetapi di manapun siswa berada, 5) Kelebihan media GO PAI adalah mudah diakses sesuai kebutuhan, mendorong siswa lebih aktif dan mandiri, penyajian materi yang menarik. Kekurangan media GO PAI adalah keberhasilan belajar tergantung pada motivasi belajar siswa, tidak semua kategori materi cocok diajarkan menggunakan GO PAI, terbatasnya materi dan video pembelajaran serta fitur yang perlu dikembangkan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Persepsi guru; Media Pembelajaran GO PAI; Jawa Tengah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 24 Oct 2023 06:34
Last Modified: 24 Oct 2023 06:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21907

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics