Hubungan regulasi emosi dan kepercayaan diri dengan kecemasan menghadapi ujian pengampuhan pada siswa yang mengikuti ekstrakurikuler pramuka di SMA Negeri Kabupaten Purbalingga

Anggraeni, Sri (2023) Hubungan regulasi emosi dan kepercayaan diri dengan kecemasan menghadapi ujian pengampuhan pada siswa yang mengikuti ekstrakurikuler pramuka di SMA Negeri Kabupaten Purbalingga. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1807016049_Sri Anggraeni_Lengkap] Text (Skripsi_1807016049_Sri Anggraeni_Lengkap)
Skripsi_1807016049_Sri Anggraeni_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris hubungan regulasi emosi dan kepercayaan diri dengan kecemasan menghadapi ujian. Populasi dalam penelitian ini merupakan siswa SMA Negeri 1 dan 2 Purbalingga yang mengikuti ekstrakurikuler pramuka. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dalam penelitian ini subjek sebanyak 111 siswa. Metode yang digunakan menggunakan skala psikologi yang terdiri dari skala regulasi, skala kepercayaan diri dan skala kecemasan menghadapi ujian. Metode analisis data yang digunakan uji asumsi terdiri dari uji normalitas menggunakan uji kolomograv-smirnov, selanjutnya uji linieritas menggunakan tes for linierty serta Deviation for linierty dan terakhir menggunakan uji hipotesis dengan bantuan SPSS 25.0 for windows. Hasil penelitian yaitu: 1) adanya hubungan dengan arah negatif antara regulasi emosi dengan kecemasan menghadapi ujian pengampuhan pada siswa dengan nilai signifikansi 0,000 (p<0,01) dan nilai pearson correlation sebesar -344. 2) Adanya hubungan dengan arah negative antara kepercayaan diri dengan kecemasan menghadapi ujian pada siswa nilai signifikansi 0,000 (p<0,01) dan nilai pearson correlation sebesar -544. 3) Adanya hubungan regulasi emosi dan kepercayaan diri dengan kecemasan menghadapi ujian pada siswa yang mengikuti ekstrakurikuler pramuka di SMA Negeri kabupaten Purbalingga dengan nilai sig 0,000 (p<0,01). Sehingga disimpulkan ketiga hipotesis dalam penelitian ini diterima. Hasil penelitian ini mengarah pada hubungan negatif yang artinya semakin tinggi tinggi regulasi emosi dan kepercayaan diri yang dimiliki oleh siswa maka akan semakin rendah tingkat kecemasan yang dialami oleh siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Regulasi emosi; Kepercayaan diri; Cemasan; Ujian
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Conscious mental processes and intelligence
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 73201 - Psikologi
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 24 Oct 2023 07:23
Last Modified: 24 Oct 2023 07:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21914

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics