Pengaruh self esteem dan self acceptance terhadap body dissatisfaction pada mahasiswi Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Semarang

Qoriyati, Ifrochatul (2023) Pengaruh self esteem dan self acceptance terhadap body dissatisfaction pada mahasiswi Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1807016158_Ifrochatul Qoriyati_Lengkap] Text (Skripsi_1807016158_Ifrochatul Qoriyati_Lengkap)
Skripsi_1807016158_Ifrochatul Qoriyati_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh self esteem dan self acceptance terhadap body dissatisfaction dan pengaruh secara simultan self esteem dan self acceptance terhadap body dissatisfaction. Sampel pada penelitian ini berjumlah 238 responden dengan teknik purposive sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tiga skala yaitu skala self esteem, self acceptance, dan body dissatisfaction. Metode analisis yang digunakan yaitu regresi linier berganda. Hasil penelitian secara parsial menunjukan bahwa nilai signifikansi variabel self esteem sebesar 0,372 (p< 0,05) hasil ini menunjukan bahwa hipotesis pertama ditolak yang berarti tidak terdapat pengaruh antara self esteem terhadap body dissatisfaction. Dan nilai signifikansi variabel self acceptance sebesar 0,000 (p< 0,05) hasil ini menunjukkan bahwa hipotesis kedua diterima yang berarti terdapat pengaruh antara self acceptance terhadap body dissatisfaction. Secara simultan terdapat pengaruh antara self esteem dan self acceptance terhadap body dissatisfaction pada mahasiswi Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Semarang dengan nila signifikansi 0,000 < 0,05 dan taraf koefisien sebesar 0,192 atau 19,2% sedangkan sisanya 80,8% ditentukan oleh faktor lain seperti standar kecantikan yang tidak mungkin di capai, hidup dalam budaya “first impressions”, kebutuhan akan kontrol karena banyak hal yang tidak dapa di kontrol, kepercayaan atau keyakinan bahwa kontrol terhadap diri akan menghasilkan tubuh yang sempurna, budaya, media sosial, usia, kelas sosial, hubungan interpersonal, dan perkembangan pubertas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Harga diri; Penerimaan diri; Ketidakpuasan tubuh
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 73201 - Psikologi
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 25 Oct 2023 02:20
Last Modified: 25 Oct 2023 02:20
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21932

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics