Metode pembelajaran PAI menurut kitab al-‘Ilm Ḥadīs Ṣāḥīḥ al-Bukhārī (sebuah kajian teks kitab Ṣāḥīḥ al-Bukhārī)
Fuad, Kodrat Nur (2011) Metode pembelajaran PAI menurut kitab al-‘Ilm Ḥadīs Ṣāḥīḥ al-Bukhārī (sebuah kajian teks kitab Ṣāḥīḥ al-Bukhārī). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
073111129_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (870kB) | Preview
073111129_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (110kB) | Preview
073111129_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (217kB) | Preview
073111129_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (161kB) | Preview
073111129_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (233kB) | Preview
073111129_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (33kB) | Preview
073111129_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (27kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini membahas tentang metode-metode pembelajaran apa saja yang terdapat dalam Kitāb al-‘Ilm hadis Ṣahīh al-Bukhārī. Kajiannya dilatarbelakangi oleh minimnya kajian sumber metode pembelajaran dalam hadis. Studi ini bermaksud untuk menjawab permasalahan metode apa sajakah yang terdapat dalam Kitāb al-‘Ilm hadis Ṣahīh al-Bukhāri? Permasalahan tersebut dibahas melalui metode riset perpustakaan (library research) dengan teknik analisis deskriptif. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif.
Kajian ini menunjukkan bahwa dalam Kitāb al-‘Ilm hadis Ṣahīh al-Bukhāri terdapat metode pembelajaran yang dapat diterapkan dan dikembangkan dalam proses belajar mengajar. Metode pembelajaran tersebut adalah: (1) Metode mendengar secara al-ins}āt, yang kemudian metode ini berkembang menjadi metode ceramah. (2) Metode al-kitabāh atau metode dengan menulis dan peredaran buku pelajaran (kitab). Metode ini juga disebut dengan metode munāwalah atau mukātabah. (3) Metode h}alaqah, yang dalam perkembangannya menjadi setting kelas. (4) Metode mauid}ah al-h}asanah (nasihat yang baik), yang dalam prakteknya berisi pengaturan waktu pelajaran (jadwal), pembelajaran yang menyenangkan, penjenjangan kelas, dan teguran dalam proses belajar mengajar. (5) Metode perumpamaan (al-ams\āl) dengan mengambil i’tibar dari sesuatu. (6) Metode isyarat dengan peragaan, yang dalam perkembangannya disebut dengan metode praktek atau metode demonstrasi. (7) Metode pengulangan, yang dalam perkembangannya menjadi metode dril atau metode latihan. (8) Metode hafalan. (9) Metode tanya jawab, yang berisi teknik bertanya dan menjawab pertanyaan. Metode-metode pembelajaran tersebut merupakan metode yang saling berkaitan satu sama lainnya dan saling melengkapi antara satu sama lainnya. Metode pembelajaran dalam Kitāb al-‘Ilm hadis Ṣahīh al-Bukhāri mengandung aspek-aspek pencapaian dalam proses belajar mengajar dan sesuai dengan karakteristik peserta didik, sehingga proses belajar mengajar dapat berlangsung secara efektif dan efisien. Aspek-aspek tersebut ialah; mendengar, melihat, dan melaksanakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam (PAI); Hadis |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 12 Jun 2014 06:28 |
Last Modified: | 12 Jun 2014 06:28 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2194 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year