Implementasi Problem-Based Learning (PBL) pada proses pembelajaran PAI di SMKN 2 Purwodadi, Grobogan, Jawa Tengah

Ma’arif, Ahmad Samsul (2023) Implementasi Problem-Based Learning (PBL) pada proses pembelajaran PAI di SMKN 2 Purwodadi, Grobogan, Jawa Tengah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1903016079_AHMAD_SAMSUL_MAARIF] Text (SKRIPSI_1903016079_AHMAD_SAMSUL_MAARIF)
1903016079_Ahmad Samsul Ma_ariff_Skripsi Full - Ahmad Samsul Ma_arif.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang implementasi model Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran PAI di SMK N 2 Purwodadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi dan dampak implementasi PBL pada proses pembelajaran PAI di SMK N 2 Purwodadi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian menggunakan observasi dan wawancara dimana peneliti berperan sebagai instrumen kunci, sebagai perancang, pelaksana, dan pelapor hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Problem-Based Learning di SMK N 2 Purwodadi menjadi perhatian khusus sejak diberlakukannya Kurikulum Merdeka dan pendidik berupaya untuk memaksimalkan implementasi PBL tersebut agar berjalan maksimal. Dampak positif implementasi PBL membuat siswa lebih berperan aktif dalam proses pembelajaran serta peserta didik dituntut untuk lebih berani dalam proses pembelajaran untuk presentasi di hadapan teman-temannya, dan dampak negatifnya adalah ada beberapa siswa yang pasif sehingga membutuhkan perhatian khusus oleh guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Implementasi; PBL; Mapel PAI.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 26 Oct 2023 03:05
Last Modified: 26 Oct 2023 03:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21951

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics