Studi fenomenologis self injury pada mahasiswa psikologi

Kautsarindra, Aulia (2023) Studi fenomenologis self injury pada mahasiswa psikologi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1907016099_Aulia Kautsarindra_Lengkap] Text (Skripsi_1907016099_Aulia Kautsarindra_Lengkap)
Skripsi_1907016099_Aulia Kautsarindra_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Mahasiswa psikologi pada masyarakat dinilai memiliki kemampuan proteksi diri yang baik, seperti cakap dalam mengelola emosi, sehat mental, mampu memberikan tanggapan serta saran yang bijak atas permasalahan yang sedang didiskusikan, dan lain sebagainya. Namun pada kenyataannya beberapa mahasiwa psikologi belum memiliki kemampuan proteksi diri tersebut, salah satunya terdapat mahasiswa psikologi yang melampiaskan emosi melalui tindakan self injury. Self injury sebagai bentuk perilaku menyakiti diri sendiri yang dilakukan oleh seseorang secara sengaja untuk melampiaskan emosi atau rasa sakit yang tidak bisa diungkapan dengan kata-kata tanpa bertujuan untuk mengakhiri hidup atau bunuh diri sehingga menimbulkan perasaan lega yang bersifat sementara. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dinamika latar belakang pengalaman dan karakteristik kepribadian mahasiswa psikologi yang memicu mereka melampiaskan emosi dengan self injury. Penelitian ini dilakukan kepada 4 orang mahasiswa psikologi di Jawa Tengah menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis analisis deskriptif. Penelitian ini menerima hasil bahwa mahasiswa psikologi melakukan self injury disebabkan karena pernah mengalami pengalaman menyakitkan yang berasal dari keluarga dan lingkungan yang tidak sehat, serta karakter diri mereka yang melatar belakangi pikiran untuk melakukan self injury.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Self injur;, Mahasiswa psikologi; Pengalaman
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education > 378.1 Organisasi dan aktivitas perguruan tinggi (dosen, staf, mahasiswa, kurikulum)
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 73201 - Psikologi
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 26 Oct 2023 03:32
Last Modified: 26 Oct 2023 03:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21954

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics