Efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PAI kelas VI SD Negeri Bangsri 01 Bulakamba Brebes

Aisyah, Esti Sukanti Nur (2023) Efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PAI kelas VI SD Negeri Bangsri 01 Bulakamba Brebes. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1903016095_ESTI_SUKANTI_N_A] Text (SKRIPSI_1903016095_ESTI_SUKANTI_N_A)
1903016095_ESTI SUKANTI N A_LENGKAP TUGAS AKHIR - Esti Sukanti Nur Aisyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran abad ke-21 harus mampu mengembangkan keterampilan berpikir peserta didik menuju pada tingkat yang lebih tinggi (higher order thinking skills) daripada hanya sekadar mengetahui suatu materi pelajaran saja. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa adalah model pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian true eksperimen dengan the pretest- posttest control group design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Sampling yang digunakan adalah cluster sampling dengan jumlah sample 23 siswa untuk kelas kontrol dan 23 siswa untuk kelas eksperimen. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Independent Sample T Test terhadap data hasil posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil perhitungan uji hipotesis ini adalah nilai thitung sebesar 8,300, sedangkan ttabel = 2,015, dengan alfa= 0,05 dan df=44. Karenakan hasil thitung lebih besar dari ttabel., yaitu 8,300 > 2,015 dan hasil nilai Sig. (2-tailed) lebih kecil dari alfa, yaitu 0,000 < 0,05, maka keputusannya adalah H0 ditolak dan Ha diterima. Tolak H0 artinya kemampuan berpikir kritis siswa dengan model pembelajaran problem based learning sama dengan metode konvensional. Terima Ha artinya kemampuan berpikir kritis siswa dengan model pembelajaran problem based learning tidak sama dengan metode konvensional. Dengan demikian, kesimpulannya adalah pembelajaran problem based learning efektif dalam peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VI di SD Negeri Bangsri 01.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning; Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 27 Oct 2023 02:06
Last Modified: 27 Oct 2023 02:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21961

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics