Efektivitas penggunaan metode market place activity dalam meningkatkan hasil belajar PAIsiswa materi makanan dan minuman halal-haram kelas viii di smp negeri 2 kragan

Mahmudah, Siti (2023) Efektivitas penggunaan metode market place activity dalam meningkatkan hasil belajar PAIsiswa materi makanan dan minuman halal-haram kelas viii di smp negeri 2 kragan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1903016098_SITI_MAHMUDAH] Text (SKRIPSI_1903016098_SITI_MAHMUDAH)
1903016098_Siti Mahmudah_Full_Skripsi - Siti Mahmudah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Hasil belajar dipengaruhi oleh metode pembelajaran. Semakin efektif metode yang digunakan, maka semakin tinggi hasil belajar. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode market place activity dalam meningkatkan hasil belajar PAI dan mengetahui perbedaan antara efektifitas penggunaan metode market place activity dan metode konvensional dalam meningkatkan hasil belajar PAI. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Desain penelitian yang dipakai yaitu quasi experimental design. Peneliti mengumpulkan data dengan memberikan pre-test dan post-test pada kelas kontrol dan eksperimen.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran market place activity dinilai efektif dalam meningkatkan hasil belajar PAI ditandai dengan rata-rata post-test kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol yaitu (84,80 dan 79,47). Ada perbedaan antara efektifitas penggunaan metode market place activity dengan metode konvensional dalam meningkatkan hasil belajar PAI ditunjukkan dari uji independent sample t-test hasil signifikansi (2-tailed) pada equal variances assumed yaitu 0,03 < 0,05 (taraf signifikansi 5%). Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; metode market place activity; kelas eksperimen.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 27 Oct 2023 02:53
Last Modified: 27 Oct 2023 02:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21962

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics