Pengembangan life skill anak yatim dan dhuafa melalui program sanggar ilmu di Yayasan Yatim Impian Indonesia Kelurahan Klender Jakarta Timur

Maulida, Alfita Rahma (2023) Pengembangan life skill anak yatim dan dhuafa melalui program sanggar ilmu di Yayasan Yatim Impian Indonesia Kelurahan Klender Jakarta Timur. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI_1901046009_ALFITA_RAHMA_MAULIDA] Text (SKRIPSI_1901046009_ALFITA_RAHMA_MAULIDA)
1901046009_Alfita Rahma Maulida_Lengkap Tugas Akhir - Alfita Rahma Maulida UIN Walisongo Semarang.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Alfita Rahma Maulida (1901046009) Pengembangan Life Skill Anak Yatim dan Dhuafa Melalui Program Sanggar Ilmu Di Yayasan Yatim Impian Indonesia Kelurahan Klender Jakarta Timur.
Jakarta merupakan ibukota cukup terkenal dengan kemajuannya. Faktanya masih banyak daeah-daerah di jakarta yang termaginalisasi degan kasus yang berbeda-beda, baik segi ekonominya, pendidikannya, maupun kesehatannya. Melalui Program Sanggar Ilmu yang di inisiasi oleh Yayasan Yatim Impian Indonesia berupaya untuk menngurangi dampak marginalisasi yang terjadi di Ibukota Jakarta khususnya di kelurahan Klender daerah Kampung Sumur, meningkatkan pendidikan anak yatim dan dhuafa dengan memberikan bimbingan belajar secara gratis.
Penelitian ini fokus pada dua permasalahan yaitu; (1) Bagaimana proses pengembangan life skill anak Yatim dan dhuafa melalui program Sanggar Ilmu di Yayasan Yatim Impian Indonesia Kelurahan Klender Jakarta Timur?, (2) Bagaimana hasil pengembangan life skill anak Yatim dan dhuafa melalui program Sanggar Ilmu di Yayasan Yatim Impian Indonesia Kelurahan Klender Jakarta Timur?. Penelitian ini bertujuan mengetahui proses dan hasil dalam ppengembangan life skill anak yatim dan dhuafa melalui program Sanggar Ilmu di Yayasan Yatim Impian Indonesia. Untuk mengetahui hasil pengembaangan life skill anak yatim dan dhuafa Yayasan Yatim Impian memberikan bimbingan belajar secara gratis melalui Program Sanggar Ilmu. Penelitiaan ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis, dan dengan teknis pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini: Pertama pengembangan life skill anak yatim dan dhuafa melalui program sanggar ilmu di Yayasan Yatim Impian dilakukan dengan dua tahapan yaitu tahapan penyadaran di lakukan dengan sosialisasi, dan kedua tahap pengapasitasan dilakukan dengan empat cara yaitu peningkatan kompetensi membaca, peningkatan kompetensi berhitung, peningkatan kompetensi berpikir kreatif, dan peningkata kompetensi keagamaan. Kedua hasil pengembangan life skill anak yatim dan dhuafa melalui program Sanggar Ilmu di Yayasan Yatim Impian Indonesia yaitu meningkatan kecakapan personal, kecakapan sosial, dan kecakapan akademis anak yatim dan dhuafa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengembangan; Life Skill; Anak yatim dan dhuafa; Yayasan
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 02 Dec 2023 07:36
Last Modified: 02 Dec 2023 07:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21966

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics