Efektivitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam meningkatkan motivasi belajar PAI siswa materi pembaruan islam kelas XI SMA Negeri 8 Semarang

Anjani, Atik Dina Sabila (2023) Efektivitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam meningkatkan motivasi belajar PAI siswa materi pembaruan islam kelas XI SMA Negeri 8 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1903016102_ATIK_DINA_SABILANJANI] Text (SKRIPSI_1903016102_ATIK_DINA_SABILANJANI)
1903016102_Atik Dina Sabila Anjani_Full Skripsi - Atik Dina Sabila Anjani UIN Walisongo Semarang.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Motivasi belajar memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan dorongan, semangat, serta memberikan rasa senang dalam belajar. Sehingga siswa yang memiliki motivasi belajar yang tinggi, maka akan memperoleh prestasi yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Pada penelitian ini data motivasi belajar diperoleh menggunakan kelas Eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMA Negeri 8 Semarang sebanyak 336 siswa. Sample yang dipakai berjumlah 66 siswa, masing-masing kelas eksperimen dan kontrol berjumlah 33 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sample random sampling dengan desain penelitian quasi experimental design (Eksperimen semu). Kemudian data diperoleh menggunakan instrumen angket dan observasi dan data dianalisis menggunakan uji ¬t-test.
Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe make a match efektif dalam meningkatkan motivasi belajar. Dengan hasil ditemukan perbedaan motivasi belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Ditunjukan dari uji independent sample t-test yang diperoleh nilai sig. (2-tailed) adalah 0,016 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan antara rata-rata motivasi belajar siswa PAI pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Bukti efektivitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam meningkatkan motivasi belajar, ditunjukkan dari uji paired sample t-test yang diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe make a match efektif terhadap motivasi belajar siswa PAI.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar; model pembelajaran kooperatif; make a match
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 27 Oct 2023 04:02
Last Modified: 27 Oct 2023 04:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21967

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics