Pemberdayaan masyarakat melalui program ZChicken oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) di Kota Semarang

Melinda, Nova (2023) Pemberdayaan masyarakat melalui program ZChicken oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) di Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1901046010_NOVA_MELINDA] Text (SKRIPSI_1901046010_NOVA_MELINDA)
1901046010_Nova Melinda_Lengkap Tugas Akhir.docx - Nova Melinda.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Nova Melinda (1901046010) Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program ZChicken Oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) di Kota Semarang.
Zakat merupakan sumber dana potensial yang dapat digunakan dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat. Program Zakat produktif dinilai cocok dijadikan program pemberdayaan berkelanjutan. Oleh karena itu, BAZNAS RI meluncurkan program ZChicken yang disebarluaskan ke berbagai daerah di Indonesia, salah satunya di Kota Semarang. ZChicken merupakan program pemberdayaan masyarakat (mustahik) yang bergerak di bidang kuliner berupa produk ayam crispy. Program ZChicken bertujuan untuk membangun ekonomi mustahik dengan memberikan aset produktif yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung kemandirian dan peningkatan ekonomi mustahik.
Rumusan masalah dari penelitian ini: (1) Bagaimana tahapan pemberdayaan masyarakat melalui program ZChicken oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) di Kota Semarang, dan (2) Bagaimana hasil pemberdayaan masyarakat melalui program ZChicken oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) di Kota Semarang. Dalam menjawab rumusan masalah, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data dalam penelitian ini di dapat melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian di analisis dengan teknik analisis data, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tahapan pemberdayaan dalam program ZChicken di Kota Semarang dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu tahap persiapan yang dilakukan dengan penyiapan petugas dan penyiapan lokasi melalui asessmen, tahap pengkajian yang dilakukan dengan analisa dan penetapan hasil asesmen, tahap pemformalisasian rencana aksi yang dilakukan dengan pengajuan pencairan dana, tahap pelaksanaan program yang dilakukan dengan pelatihan-pelatihan, intervensi program dan pendampingan intensif, serta tahap evaluasi. (2) Hasil pemberdayaan masyarakat melalui program ZChicken di Kota Semarang yaitu: peningkatan pendapatan dan terpenuhinya kebutuhan primer, peningkatan keterampilan dan pengembangan usaha, serta menumbuhkan kepedulian terhadap sesama pada mustahik yang menjalankan program ZChicken.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan masyarakat; ZChicken; BAZNAS
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
300 Social sciences > 307 Communities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 02 Dec 2023 07:42
Last Modified: 02 Dec 2023 07:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21968

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics