Peningkatan motivasi belajar siswa melalui media pembelajaran go-PAIdi SD Islam Imama Kota Semarang

Kahfi, Nazih Sadatul (2023) Peningkatan motivasi belajar siswa melalui media pembelajaran go-PAIdi SD Islam Imama Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1903016105_NAZIH_SADATUL_KAHFI] Text (SKRIPSI_1903016105_NAZIH_SADATUL_KAHFI)
1903016105_Nazih Sadatul Kahfi_Full Skripsi - Nazih Kahfi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran GO-PAI di SD Islam Imama Kota Semarang, yang merupakan suatu lembaga penyelenggara pendidikan tingkat dasar yang bernuansa Islam dibawah Yayasan Imama, SD Islam Imama telah ditunjang dengan sarana prasarana yang cukup baik sehingga menarik perhatian penulis dalam meneliti media pembelajaran yang diterapkan di sana.
Penelitian ini memiliki tujuan Untuk menganalisis Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran GO-PAI di SD Islam Imama Kota Semarang.
Metode penelitian yang dipakai adalah jenis deskriptif kualitatif dan dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu fenomena, peristiwa, aktivitas social, sikap, kepercayaan persepsi, pemikiran orang secara individu maupun kelompok. Beberapa deskripsi digunakan untuk menemukan prinsip-prinsip dan penjelasan yang mengarah pada penyimpulan. Selain itu untuk mendukung penelitian ini di ambilkan data-data dokumentasi di SD Islam Imama Kota Semarang, serta pengamatan langsung yang dilakukan di lapangan.
Penelitian ini menyimpulkan Penggunaan Media Pembelajaran GO-PAI Pada Materi Mari Hidup Sederhana Dan Ikhlas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Di SD Islam Imama Kota Semarang sudah berjalan cukup baik dan sesuai dengan prosedur pelaksanaan yaitu melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media GO-PAI. Hal tersebut terlihat dari keinginan dan tanggung jawab peserta didik untuk menyelesaikan kuis yang diberikan oleh guru, peserta didik berperan aktif dalam proses pembelajaran di kelas seperti halnya peserta didik sudah mempunyai keberanian untuk menyampaikan pendapatnya masing-masing serta memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peningkatan; Motivasi Belajar; Media Pembelajaran GO-PAI.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 28 Oct 2023 01:29
Last Modified: 28 Oct 2023 01:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21974

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics